Zaman sekarang ini sangat banyak setrategi perusahaan untuk melakukan pemasaran, salah satunya adalah email marketing. strategi email marketing berarti penggunaan email sebagai media marketing. Secara sderhananya adalah email marketing adalah email atau komersial yang dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Seperti informasi tentang pruduk, harga, serta promo, atau event yang akan diadakan, dan sebagainya. Email marketing pertama kali diciptakan pada tahun1978. Jenis marketing ini berhasil menghasilkan sebesar 13 juta dolar. Karena ini adalah salah satu metode marketing yang sangat menjanjikan.

Jika email marketing dimanfaatkan dengan benar bisa sangat membantu membangun relasi yang baik dengan customer. Dan secara bersamaan juga menyediakan informasi mengenai produk. Email marketing adalah salah satu metode pemasaran secara digital yang dilakukan dengan mengirim email ke pelanggan atau konsumen.

Proses penggunaan email marketing ini juga cukup sederhana, pelaku bisnis atau perusahaan bisa mendapatkan email konsumen atau calon pelanggan dengan penawaran yang menarik tentunya. Seperti penawaran pemberian beberapa produk dan jasa hingga acara secara gratis, hingga bebas penggunaan hak khusus dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan email marketing berbeda-beda, ada yang hanya untuk memberi informasi dan edukasi terkait produk dan lain sebagainya kepada konsumen, ada pula yang dilakukan untuk melakukan branding atau untuk meningkatkan penjualan.

Jika sudah mendapatkan konsumen, kemudian perusahaan akan mengirim email dengan isi yang tentunya menarik. Supaya konsumen bisa tertarik mengenal produk atau bisnis yang ditawarkan.

Bahkan jika bisa sampai lebih jauh lagi, dengan target final adalah agar konsumen membeli produk yang ditawarkan atau bergabung dalam bisnis.Salah satu manfaat email marketing adalah, Informasi Cepat dan Praktis, Hemat Biaya, Mudah dibagikan, dan lain sebainya

Leave a Reply