Kenyataanya, banyak lowongan pekerjaan digital marketing yang membuka secara umum untuk semua jurusan kuliah. Benar gak ya kalau digital marketing itu ada jurusan khusus nya? Bagi kalian yang menyukai dunia bisnis dan merasa passion kerja dibidang marketing, berikut ini penjelasan yang bisa dijadikan sebagai opsi yaitu:

Prodi Ilmu Komputer dan Teknologi

Sesuai dengan namanya “digital”, maka tentu saja digital marketing membutuhkan kandidat yang menguasai teknologi dan perkembangannya. Prodi ini akan memberitahukan kalian mengenai bahasa pemograman yang sangat berguna dalam memulai karir di industri digital. Ilmu komputer dan teknologi sendiripun mempunyai beberapa jurusan dengan fokus studi yang berbeda-beda, diantaranya ada teknik informatika, teknik komputer, sistem informasi, sistem komputer, ilmu komputer, teknik elektro, desain komunikasi visual, kalia dapat melamar sebagai programmer kommputer, analis sistem komputer, web developer, database administrator.

Prodi Ilmu Bisnis

Sebelum berbisnis, terlebih dahulu kalian harus tau ilmunya. Pada prodi ini kalian akan diberikan ilmu menganalisis pasar, menentukan target pasar dan mengembangkan strategi untuk menarik minat konsumen. Serupa dengan bisnis konvensional, bisnis digital pun memperlukan kandidat yang menguasai bidang penjualan. Hal ini dapat membantu kalian untuk berkarir sebagai analisis manajemen bisnis, manajer pemasaran digital, manajer pemasaran produk hingga perencana bisnis berkelanjutan.

Prodi Ilmu Komunikasi

Bukan hanya ilmu komputer dan ilmu bisni saja yang dibutuhkan dalam bisnis digital, akan tetapi kemampuan membangun komunikasi yang interaktif. Banyak yang beranggapan jika ilmu komunikasi hanya ilmu tentang public speaking. Nyatanya kurikulum ilmu komunikasi juga meliputi periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, media massa, dan media sosial. Dari sebagian kurikulum tersebut, ilmu komunikasi secara simpel akan membantu perusahaan untuk menyampaikan pesan persuasif terhadap suatu produk.

Setelah mengetahui jurusan apa saja yang cocok untuk bergiat dalam bisnis digital, kalian akan dibingungkan dengan universitas atau perguruan tinggi sebagai tempai menuntut ilmunya. Tidak hanya diluar negeri, dalam negeri pun memberikan yang terbaik dalam menciptakan generasi yang berkompeten dalam berbagai bidang termasuk bisnis digital. Terbukti sampai saat ini, sejumlah universitas di Indonesia yang mendukung digitalisasi bisnis dengan memberikan fasilitas pendidikan berfokus pada bisnis digital.

Universitas Padjajaran

Sepuluh besar universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2018 resmi membuka jurusan baru yakni bisnis digital dan aktuaria. Jurusan ini ditingkatkan untuk meraih target menghasilkan generasi cerdas di bidang marketplace, big data, kecerdasan buatan, hingga startup. Unpad kiat memajukan jurusan ini dengan mengikutsertakan tenaga pengajar berbagai keilmuan yaitu dari teknik informatika, ilmu komunikasi, dan praktisi di industri digital.

Universitas Negeri Jakarta

UNJ resmi membuka prodi bisnis digital pada tahun 2020 dan menjadi pendaftar terbanyak ke empat di UNJ tahun 2021. Karir bisnis digital ini menjadi primadona untuk memenuhi kebutuhan di era digital diantaranya adalah Digital Entrepreneur, Digital Business Analyst, Financial Technology Analyst.

Universitas Prasetiya Mulya

Universitas swasta ini menawarkan prodi digital bisnis teknologi atau software engineering yang berfokus pada pengembangan bisnis berbasis teknologi. Serta pemahaman keterampilan entrepreneurship yang akan diajarkan pada prodi ini, kalian akan melakukan penelitian secara langsung di berbagai institusi yakni :

Univesitas Prasetiya Mulya juga menjalin kerjasama dengan Oracle dan Microsoft untuk meningkatkan laboratorium software.

Binus University

Binus University pun memiliki prodi Business Creation yang berfokus menghasilkan generasi wirausahawan masa depan yang kreatif dan inovatif. Disini kalian akan langsung diajarkan oleh pengusaha dan pemilik modal berpengalaman di aspek bisnis digital.

Institut Teknologi Nasional Malang

ITENAS Malang ini menyediakan S1 prodi bisnis digital pada fakultas teknologi industri.

Kalian akan belajar bisnis dengan metode 7Q atau 7 Quality. Metode tersebut adalah7 metode yang mencakup tutorial di kelas, pembelajaran e-learning, praktikum, pameran, kompetisi, da fasilitas incubator bisnis. Mahasiswa perguruan tinggi ini juga diberikan kesempatan magang dan membuat startup bisnis.

Institut Teknologi Sepuluh November

Ikut serta menghasilkan generasi penerus yang mampu berkompetisi di era digital. Tahun 2019 ITS membangun fakltas desain kreatif dan bisnis digital.

Fakultas ini mempunyai enam jurusan diantaranya desain komunikasi visual,desain produk industri, desain interior, manajemen teknologi dan studi pembangunan.

Itulah beberapa kampus dan juga prodi yang bisa dijadikan opsi untuk kalian memulai belajar di bidang bisnis digital. Perlu diketahui, bisnis digital khususnya digital marketing mempunyai banyak keuntungan. Di antaranya adalah ilmu bisnis digital yang kiat menghadapi reevolusi industri 4.0. Dimana berbagai hal di dunia iniakan melalui yang namanya digitalisasi. Ilmu bisni digital pun berkaitan erat dengan produk internet ialah e-commerce yang semakin luas.

Leave a Reply