Apakah Anda pernah mendengar kata atau istilah cyber crime? Kejahatan digital atau bahasa gaulnya cyber crime, itu adalah bentuk kejahatan yang terjadi secara digital atau di dunia maya, kejahatan itu dilakukan dengan melibatkan perangkat yang terhubung dengan sebuah jaringan seperti komputer, jaringan dan lain-lain.

Cyber crime itu sangat mengakibatkan kerugian yang dirasakan oleh korbannya, dan inilah beberapa kerugian yang dirasakan oleh korban :

  1. Kehilangan Data-Data Penting

    Kerugian terbesar cyber crime adalah kehilangan data. Hal ini bisa terjadi pada akun pribadi ataupun website yang menyimpan data dari pelanggan pribadi. Contohnya blackbaut, yang merupakan pembuat perangkat lunak manajemen keuangan yang pernah menjadi korban pencurian data rahasia. Perusahaan ini juga melaporkan bahwa situs mereka diretas.

    Cyber crime selalu mencari-cari celah agar dapat mencuri data dan menggunakannya untuk berbagai kepentingan, salah satunya untuk tujuan menjualnya di pasar gelap atau pemerasan kepada korbannya.
  2. Kehilangan Sejumlah Uang

    Bentuk aksinya sangat bermacam-macam, dari phishing hingga exturtion. Kerugian itu sangat berdampak besar dari kegiatan cyber crime tersebut. Tidak hanya di alami oleh individu, perusahaan, juga kehilangan sejumlah uang akibat tindakan cyber crime juga di alami oleh negara.
  3. Reputasi Online Bisa Sangat Terancam

    Seperti halnya toko online yang terkena hacking dan itu membuat pengunjung akan merasakan tidak aman untuk mengunjungi situs Anda, sehingga mereka bisa memutuskan untuk berbelanja di toko Anda. Kerugian yang disebabkan oleh cyber crime yaitu, reputasi online bisa sangat terancam apalagi jika seseorang menggunakan aktifitas online untuk berbisnis. Maka dari itu bisnis online akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan.
  4. Menyebabkan Kerusakan Sistem Komputer Dan Software

    Kerusakan software dan juga program komputer itu bisa jadi akibat oleh cyber crime. Maka dari itu, pentingnya bagi kita selalu memperhatikan keamanan sistem komputer kita, salah satunya dengan terus mengupdate anti virus dan sistem operasi yang digunakan.

Leave a Reply