Istilah Cyber Security semakin populer. Pengertian dari Cyber Security adalah sebuah proses perlindungan program, data, sistem, maupun jaringan dari ancaman atau serangan digital. Sekarang semua data baik dari organisasi ataupun perusahaan sudah menggunakan sistem digital atau sudah terkomputerisasi.

Dan itu semua ada resiko-resiko yang datang dari internal ataupun eksternal. Ancaman siber dari internal kemungkinan berasal dari karyawan maupun penanggung jawab proyek. Adapun yang dari eksternal berasal dari pelaku kejahatan dunia maya atau bahkan pelanggan sendiri. Seperti tindakan pencurian atau gangguan data yang disengaja, disebabkan oleh kelalaian pemilik data.

Cyber Security yang sukses dikarenakan memiliki banyak lapisan perlindungan. mulai dari perlindungan perangkat komputer itu sendiri, jaringan, data program maupun data yang dijaga oleh keamanan. Cyber Security merupakan tindakan untuk melindungi perangkat, jaringan, program, dan juga data-data dari ancaman syber crime dan akses ilegal.

Yang mana tindakan ini dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan merugikan korban. Tidak hanya perusahaan besar tetapi juga bisnis kecil hingga pribadi. Jadi salah satu peran Cyber Security untuk untuk melindungi pencurian dan kerusakan data.

Tanpa Cyber Security organisasi atau perusahaan tidak mampu mempertahankan dari penyalahgunaan data. yang mana beragam platform seperti cloud dan lain-lain saat ini digunakan untuk menyimpan data-data pribadi.

Cyber Security juga harus mengerti bahasa pemrograman atau bahasa komputer, berikut adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan Cyber Security, yaitu:

Leave a Reply