Pada dasarnya digital marketing dilakukan oleh sejumlah perusahaan hingga saat ini namun masih sedikit. Tetapi, walaupun sedikit akan menciptakan peluang besar yang perlu Anda ketahui sekarang juga. Tidak bermaksud meniru caranya, namun hanya mengamati dan sebagai referensi. Mungkin saja, dari beberapa contoh dibawah ini terdapat gagasan terbaik yang muncul seketika, maka dari itu, kesempatan untuk bersaing di dunia digital marketing lebih menyenangkan dan mengasyikan. Berikut ini beberapa contoh sekaligus penjelasan singkatnya.

Netflix

Platform streaming asal Amerika Serikat ini menjual kemudahan dan kualitas nomor satu berbagai film. Perlu diketahui angka langganannya memang cukup mahal. Jika dibandingkan oleh pesaingnya yaitu disney plus, catchplay, namun platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda. Contoh digital marketing yang sukses ini memahami keinginan para penonton.

Di Indonesia sendiri nama mereka sudah tidak heran lagi karena sangat diperhitungkan. Hingga sejumlah public figure sudah memakainya. Keberhasilannya berasal dari ketepatan nya dalam mencari momen, yaitu pandemi. Semua bioskop diharuskan tutup karena dilarang berkerumunan dan sebagainya. Dengan demikian banyak penonton film yang bingung mencari hiburan sampai rela membayar untuk melihat suguhan berkualitas. Tidak hanya Hollywod saja, film Indonesia pun mendapatkan tempat untuk menayangkan karyanya. Platform ini mampu menjadi daya tarik penonton hingga ketagihan terus menerus.

Tokopedia

Perlu diakui bahwa Tokopedia mejadi yang pertama dan hingga saat ini masih memikat para pelanggannya diantara berbagai E-Commerce di Indonesia. Meskipun banyak yang menawarkan berbagai kebutuhan hingga diskon besar-besaran tanpa henti, tetap saja perusahaan dengan logo burung kecil berwarna hijau ini tidak tergoyahkan. Mereka dijadikan pilihan sebab yang ditawarkan nya mampu memenuhi kebutuhan pembeli. Yang terpenting saat mengembangkan teknik pemasaran digital yaitu memahami keinginan & kebutuhan pasar. Mereka maunya seperti apa, selanjutnya pikirkan dahulu dan datangkan inovasi tersebut.

Digital marketing ini sukses tidak sekedar pelanggan saja, tetapi penjual pun sama. Sebab, mereka tidak perlu lagi membayar uang sewa toko, semua cukup dari rumah saja. Perlu diketahui, E-Commerce ini merupakan dualisme, maksudnya para penjual dapat menjadi pembeli begitupun sebaliknya. Dengan sistem cepat, mudah, aman, dan terpercaya membuat para konsumen nyaman. Meski dihadang masalah mengenai keamanan, banyak penipuan sebab barang palsu, mereka tidak menyerah, namun mencari solusi untuk mengatasinya. Dengan begitu, usaha tetap jalan dan pelanggan terus meningkat.

Gojek

Gojek sudah tidak asing lagi dimasyarakat, mereka memberi layanan yang mampu berikan perubahan besar bagi Indonesia. Hal seperti ini yang harus dimanfaatkan dan ditiru generasi penerus. Gojek menawarkan suatu kemudahan untuk pergi kemana saja tanpa perlu takut lagi sebab image ojek yang menakutkan. Kemudian, perkembangan nya termasuk variatif hampir semua sektor tersedia.

Melayani pengiriman makanan, minuman, barang belanjaan, paket, sampai metode pembayaran tanpa perlu uang cash. Kemudahan ini diterima baik oleh konsumen dan sampai sekarang terus dipergunakan. Bahkan, mereka pun sering memembuat berbagai macam promo menarik. Berawal dari Gojek kini muncul sejumlah platform lainnya, namun Gojek tetap dihati para konsumennya. Tidak hanya itu, perusahaan anak bangsa ini pun memberi kesempatan semua orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga banyak pihak yang membutuhkannya.

Scarlett Whitening

Brand kecantikan ini telah sukses melakukan strategi digital makerting nya. Bukan karena ownernya seorang artis, tetapi dikarenakan strategi digital marketing sehingga membuatnya banyak dikenal masyarakat. Scarlett Whitening mampu memanfaatkan media sosial dan dapat dijadikan sebagai contoh digital marketing yang bisa Anda tiru. Strategi utama nya adalah mengajak influencer untuk mengulas produk mereka. tidak sekedar di endorse artis terkenal, tapi juga memanfaatkan micro influencer dalam mengulas produk mereka. Hal ini mampu meminimalkan budget marketing, stratefi affiliate marketing seperti ini pun lebih dipercaya masyarakat sebab diangap memberikan ulasan serta testimoni asli.

Sesudah bisnisnya berkembang pesat, Scarlett Whitening mulai memampangkan bisnisnya dan menggandeng beberapa public figure dunia guna mempromosikan produk mereka. Terbaru, Scarlett Whitening menggaet Song Joong Ki dan Twice sebagai brand ambassador mereka.

Erigo

Tingginya peluang pemasaran di dunia digital marketing dimanfaatkan salah satu brand fashion lokal, yakni Erigo. Kian bisnis ini sukses bersaing dengan sejumlah brand fashion ternama lainnya dalam waktu singkat. Bermula, Erigo melangsungkan strategi digital marketing melalui website dan media sosial Instagram. Mereka menggaet beberapa public figure sebagai endorsement. Salah satu nya dengan Raffi Ahmad. Hal ini tentu membuahkan hasil, mengingat popularitas Raffi Ahmad yang amat besar. Perkembangan dan penjualan perusahaan Erigo juga meningkat pesat.

Digital marketing seperti ini peredarannya sangat pesat inovasi dari brand lain. Maka dari itu perlu diantisipasi, tadilah diatas merupakan contoh digital marketing yang sukses, semoga dapat dijadikan inspirasi Anda untuk mengembangkan usaha.

Leave a Reply