Website merupakan suatu kumpulan halaman, yang menampilkan berbagai macam informasi data, teks, gambar bergerak, suara, video, data animasi, ataupun gabungan dari segalanya, baik yang bersifat dinamis ataupun yang bersifat statis. Dimana itu membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan, masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Definisi website yakni, kumpulan atau rangkaian dari berbagai macam halaman situs, terangkum dalam sebuah domain ataupun juga subdomain, lebih tepatnya berada di dalam “Word Wide Web” (WWW), yang tentunya berada di dalam website.

Bagi setiap pemula, membuat website merupakan kerjaan yang sangat membingungkan dan menyusahkan tetapi ternyata membuat website juga dapat dilakukan dengan mudah, yaitu :

Langkah pertama, pilih platform untuk membuat website :

platfrom merupakan gabungan atau kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (kerangka kerja aplikasi). Simpelnya platfrom adalah tempat untuk membuat website. Contohnya WordPres, Drupal, Joomla dan lain-lain.

Langkah kedua, tentukan nama domain dan hosting, agar website Anda dapat di akses :

  1. Nama Domain sendiri merupakan nama website Anda. Contoh (www.namawebsitesaya.com)
  2. Hosting Merupakan suatu tempat, menyimpan semua file website Anda agar dapat diakses semua orang.

WordPress platfrom 100% gratis, tetapi untuk nama domain dan hostingnya itu tidak gratis jadi harus membelinya. Namun, jangan khawatir biaya tidaklah mahal. Kisaran 15 ribu sampai 60 ribu per bulanya.

Punya domain sendiri untuk bikin website Anda jadi profesional contohnya : http://www.namawebsitesaya.com, dari pada kamu numpang sama domain orang lain http://namawebsitesaya.blogspot.com. Lagi pula harga domain dan hosting tidak terlalu mahal.

Langkah ketiga, instalasi dan modifilkasi website :

Jika Anda sudah membeli domain dan hosting, website Anda sudah dapat di akses online. Namun, untuk isinya di dalamnya masih kosong, jadi Anda perlu instalasi WordPress-nya.

Instal WordPress

Kebanyakan hosting yang bagus pasti menyediakan One Click Installation, maksudnya untuk instal WordPress Anda tinggal klik-klik saja:

  1. Masuk ke hosting account
  2. Cari Control Panel (cPanel)
  3. Klik Softaculous Apps Installer kemudian klik WordPress
  4. Klik Install
  5. Muncul form untuk instalasi, saran saya HAPUS KATA WP di kolom In Directory ini berarti kamu akan install WordPress langsung di website Anda
  6. Sekarang klik install, proses instalasi akan jalan dengan sendirinya.
  7. Setelah proses tadi dilakukan maka website Anda sudah bisa dibuat dan Anda sudah mempunyai website buatan Anda sendiri.

Leave a Reply