Server website atau web server adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk menerima permintaan berupa halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari klien yang sering dikenal dengan browser. Fungsi utama dari web server sendiri adalah untuk mengirim atau menerima perintah melalui protokol komunikasi yang telah dibuat dengan sedemikian rupa. halaman yang diminta ini bisa berupa gambar, teks, video, audio, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih dekat tentang web server, Anda harus mengetahui cara kerja dari web server itu sendiri. Dan kami akan menjelaskannya di bawah ini sebagai berikut.

Cara Kerja

Sederhananya tugas web server adalah menerima permintaan dari klien dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh klien tersebut. Software web server terdapat pada komputer server, dan di komputer ini pula data-data website tersimpan dengan rapih. Sama halnya dengan komputer klien, server komputer juga harus terhubung dengan jaringan internet agar dapat diakses oleh klien.

Pada saat klien meminta data halaman web kepada server melalui browser, maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut akan dikemas dalam TCP yang merupakan protokol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protokol berikutnya yaitu HTTP dan HTTPS.

Data yang diminta dari browser ke web server disebut dengan HTTP request yang kemudian akan dicarikan oleh web server di dalam server komputer. Kemudian, data tersebut akan dikemas oleh server web dalam TCP dan dikirim kembali ke browser untuk ditampilkan.

Nah, data yang dikirim dari server ke browser dikenal dengan respon HTTP. Jika data yang diminta oleh browser tersebut ternyata tidak dapat ditemukan oleh web server, maka web server akan menolak permintaan tersebut dan browser akan menampilkan notifikasi Page Not Found atau Error 404.

Leave a Reply