Seorang pengembang web atau yang sering dikenal dengan istilah “Web Developer” merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam membuat website serta pengelola website tersebut. Bertanggung jawab mulai dari awal perancangan, pengembangan, pengetesan,sampai dengan rilis “online”.

Adapun profesi tersebut juga bisa diartikan sebagai pembuat program dan aplikasi untuk situs website. Dan secara luasnya yakni merujuk pada tugas-tugas yang terkait dengan pengembangan situs untuk hosting melalui internet.

Proses web development mencakup desain web, pengembangan konten web, script, client-side/server-side, konfigurasi keamanan jaringan dan lain sebagainya. Web developer wajib memahami alur pembuatan website mulai dari nol, membuat kode custumj yang memberikan pilihan akses-akses khusus sesuai permintaan client.

Profesi web developer banyak diperkerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, IT atau yang sering dikenal sebagai konsultan komputer. Akan tetapi, tak sedikitpula para web developer yang bekerja secara freelance. Yang paling utama bagi seorang web developer adalah bisa menciptakan fitur dan layanan web yang bagus, konsisten dan efisien.

Leave a Reply