Pasti Anda sudah pernah mendengar istilah PHP dan HTML. Keduanya adalah penting yang harus dikuasai oleh seseorang yang memiliki profesi yang berkaitan dengan komputer, Terutama seorang Web Development. Yang dimana web development sangat membutuhkan PHP dan HTML untuk menyempurnakan website yang ia buat.

Kali ini, kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masih muncul dipikiran banyak orang, yaitu apakah PHP dan HTML itu sama? Simak Berikut ini

Apa Itu HTML ?

HTML asalah singkatan dari HyperText Markup Language. Sesuai namanya, HTML merupakan bahasa markup yang berfungsi untuk membuat kerangka pada website. HTML juga merupakan bagian dari front end development sehingga merupakan bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh seorang front end developer.

Namun, sebuah website tidak dapat dibuat dengan HTML saja. Untuk membuat website harus dipadukan dengan beberapa bahasa pemrograman lain seperti CSS dan JavaScript untuk menyempurnakannya.

Apa Itu PHP ?

Berbeda dengan HTML, PHP atau Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman (scripting language). Artinya, PHP mampu menjalankan sebuah proses sesuai dengan perintah yang diberikan. Proses yang dilakukan bahasa PHP dalam sebuah website bisa berupa perhitungan, penyimpanan data, dan lain sebagainya. 

PHP juga memiliki tugas khusus yaitu tugas yang berbau tentang server. Oleh karena itu, proses coding PHP akan berpengaruh terhadap kinerja sebuah server.

Apa Perbedaan PHP Dan HTML ?

Setelah membaca dua keterangan dari PHP dan HTML, udah dipastikan jika keduanya berbeda. Namun, agar lebih jelas kami akan menjelaskan perbedaannya. Simak dibawah ini:

Leave a Reply