Semakin maju teknologi di era ini meningkatkan jumlah orang yang terkena penipuan online, nah penipuan online itu apa sih? Penipuan secara online termasuk dalam salah satu jenis kejahatan e-commerce adalah penggunaan layanan software atau internet dengan tujuan untuk menipu atau mengambil keuntungan dari korban, seperti mencuri data atau informasi personal yang dapat memicu pencurian identitas.

Setelah mengetahui apa itu penipuan online, Anda juga harus tau sebuah istilah cyber crime. Cyber crime adalah kejahatan dunia maya secara luas didefinisikan sebagai aktivitas ilegal apa pun yang melibatkan komputer, perangkat digital lain, atau jaringan komputer. Contoh cyber crime di antaranya yaitu ancaman keamanan cyber seperti rekayasa sosial, eksploitasi kerentanan perangkat lunak, dan serangan jaringan.

Pertanyaan kali ini adalah, apakah penipuan online itu termasuk cyber crime atau tidak? Singkatnya, penipuan online memiliki kriteria seperti cyber crime. Seperti pencurian data diri dan digunakan untuk hal yang buruk dan tidak terpuji, untuk melakukan penipuan online juga ada beberapa cara seperti peretasan dan membuat link phising, yang dimana kedua hal tersebut masuk ke dalam tindakan cyber crime.

Leave a Reply