Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah HTML ? HTML adalah salah satu bahasa komputer yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah website. HTML juga salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari karena fungsinya yang banyak.

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah HTML termasuk bahasa pemrograman, karena HTML sering dikaitkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskannya dikesempatan kali ini. Simak berikut ini.

Apakah HTML Itu Bahasa Pemrograman ?

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Pengertian HTML sering kali dikaitkan dengan bahasa pemrograman. Akan tetapi, sejatinya, HTML bukan sebuah bahasa pemrograman (programming languange), melainkan sebuah markup language.

Markup language sendiri adalah sebuah bahasa komputer. Bahasa ini biasanya menggunakan tags atau tanda. Tanda-tanda ini akan dibaca oleh komputer, dan diterjemahkan menjadi tampilan website yang kita lihat sehari-hari.

Contoh dari markup language seperti seorang penulis menulis dengan huruf A hingga Z serta angka, programmer bisa menggunakan tanda (mark) HTML untuk “menulis” sebuah halaman situs. Tanda-tanda itu “disimpan” dalam sebuah “dokumen” HTML dan “diletakkan” di dalam server.

Nah, saat kamu membuka halaman situs melalui aplikasi browser, kamu sebenarnya sedang meminta akses ke dokumen HTML tersebut. Dokumen tanda-tanda dalam bahasa HTML akan dikirimkan oleh server kepadamu.

Aplikasi browser-mu yang akan menerjemahkan tanda-tanda dalam bahasa HTML ke tampilan situs seperti layaknya kamu membuka suatu website.

Leave a Reply