CSS adalah singkatan dari cascading style sheets, yaitu bahasa yang digunakan untuk menentukan tampilan dan format halaman website. Dengan CSS, Anda bisa mengatur jenis font, warna tulisan, dan latar belakang halaman.

CSS adalah salah satu hal yang wajib Anda ketahui saat belajar membuat website. Yang dimana, tanpa adanya CSS maka tampilan website akan kurang menarik, dan perlu upaya lebih untuk melakukan perubahan pada elemen tampilan. 

CSS biasanya digunakan bersama dengan bahasa markup, seperti HTML dan XML untuk membangun sebuah website yang menarik dan memiliki fungsi yang berjalan baik. Mengapa demikian?

Apabila hanya menggunakan HTML ketika membangun website dengan beberapa halaman, Anda harus menulis tag untuk sebuah elemen HTML di semua halaman tersebut. 

Dengan adanya CSS, Anda cukup menulis kode satu kali untuk sebuah elemen HTML untuk diterapkan ke semua halaman. Nantinya, ketika akan melakukan perubahan, Anda juga cukup melakukan perubahan pada satu kode tadi.

Namun sayangnya, CSS sering dianggap sebagai sebuah bahasa pemrograman oleh banyak orang. Padahal faktanya, CCS bukanlah bagian dari bahasa pemrograman. CSS lebih tepatnya adalah salah satu styling language (bahasa desain), bagian dari markup language yang dapat “mewarnai” atau mendesain suatu halaman website. CSS sendiri adalah singkatan dari Cascading Style Sheet.

Leave a Reply