Apakah HTML itu?

Blogger yang selalu meng-utak atik sebuah desain blognya, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Setiap ingin mengubah kode, biasanya harus klik Tema > Edit HTML lalu membuka kode templatenya.

HTML sendiri merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Adapun pengertian teknisnya yakni, HTML adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh web browser “penjelajah web” gunanya untuk mempresentasikan teks dan gambar.

Dokumen HTML biasa disebut sebagai “halaman web” (web page). Browser seperti Google Crome dan Mozilla Firefox, mengambil halaman web dari web server dan karena adanya internet.

Browser atau Internet Browser merupakan program yang dipakai untuk membaca dokumen HTML pada WWW (World Wide Web)

Dalam setiap file HTML tentunya selalu didahului dengan tag <html> dan akan ditutup dengan kode </html>, sebagaimana dalam template blog.

Tag tersebut akan membuat sebuah web browser mencoba untuk membaca file yang ada pada tag tersebut, guna untuk ditampilkan dalam sebuah web browser.

Apan itu CSS ?

CSS adalah sebuah istilah singkatan dari “Cascading Style Sheet”. Pada template blog, kode CSS adalah sebuah kode yang ada dibawah <b:skin> atau <style> dan sebelum </b:skin> atau </style>.

Kode CSS tersebutlah yang mendesain gaya “style” tampilan blog atau dokumen HTML lain. CSS digunakan sebagai penentu warna , jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan.

Kalau Anda ingin mengubah sebuah desain blog, kode CSS tersebut yang akan fokus. Contoh: Anda ingin mengubah background, jenis huruf, ukuran dan warna. Maka harus menggunakan sebuah kode. Adapun kode tersebut yakni, sebagai berikut:

backgroud:#ffffff
font-family: Arial;
font-size: 14px;
color: #000000;
Khusus warna, lihat Kode Warna HTML

Leave a Reply