Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang berisi perintah, intruksi, atau sintaks, yang digunakan untuk mengembangkan pemrograman software. Bahasa pemrograman juga merupakan senjata utama dalam pembangunan berbagai jenis sistem. Misalnya website, aplikasi, sistem operasi, dan perangkat teknologi lainnya.

Cara kerja bahasa pemrograman ialah dengan menyurun beberapa sintaks yang membentuk sebuah perintah tertentu, yang nantinya perintah tersebut akan diterjemahkan menjadi sebuah logika yang dimengerti komputer. Kemudian komputer akan langsung mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh programmer dalam bentuk sintaks tadi. Oleh karena itulah bahasa pemrograman juga sering disebut sebagai bahasa komputer.

Bahasa pemrograman juga memiliki banyak jenis seperti JavaScript, Python, SQL, Java, TypeScript, C#, C++, PHP, C, Go, Kotlin, Ruby, Dart, Swift, R, HTML dan juga CSS. Dari jenis-jenisnya, bahasa pemrograman memiliki 2 fungsi utama yang akan kami jelaskan, yaitu sebagai berikut :

Namun sayang, banyaknya pilihan bahasa pemrograman justru membuat bingung orang-orang yang ingin mempelajarinya. Maka sudah tidak heran lagi, jika banyak yang mengurungkan niatnya untuk mempelajari bahasa pemrograman

Leave a Reply