Web desainer adalah istilah mengenai desaign visual yang diterapkan kepada media digital yaitu website, design yang ditunjukan untuk pengembangan dan styling informasi di internet untuk menyediakan fitur konsumen high-end dan memberikan kualitas estetika.

Orang yang melakukan kegiatan Website desain juga dikenal dengan web designer. Pada umumnya Web desainer adalah seorang profesional IT yang bertanggung jawab untuk merancang tata letak, serta tampilan pada visual dan kegunaan situs Website.

Seorang Web designer juga harus mengintegrasikan komponen dengan semua elemen terkait untuk menciptakan suatu rancangan website, salah satunya dengan merancang tampilan Website yang bersifat user friendly. Yang mana tampilan Website tersebut nantinya dapat dinikmati melalui monitor seperti handphone, komputer, ataupun tablet. Web designer juga dapat diartikan lebih mudah dengan seseorang yang mendesain suatu Website.

Tujuan Web desainer adalah sebagai salah satu media komunikasi, yang mana memang bertujuan sebagai menyampaikan atau membuat informasi secara cepat dan realtime. Seperti saat mengunjungi sebuah Website, maka akan ada desain pertama kali yang dilihat. baik dari kompisisi, warna sampai tata letak yang beragam.

Untuk web designer yang baik, mereka tentunya akan mengerti tentang esensi warna. Web designer juga akan memiliki perasaan supaya dapat membuat pembaca dan pengunjung membayangkan apa yang ada di dalam website tersebut. Mulai dari pemilihan design warna mana yang nyaman dipandang mata.

Fungsi dari Web desainer adalah sebagai media komunikasi yang lebih menarik. pada fungsi komunikasi dapat dilihat dari Website yang memiliki nilai dinamis. Pada umumnya Website ini dibuat menggunakan program Website yang akan dilengkapi dengan fasilitas yang akan mendukung fungsi komunikasi yang ada.

Berikut adalah tugas dari seorang Web desainer. yaitu:

Leave a Reply