Bagi kamu yang belum tahu atau baru mengenal kata awareness, mari bersama-sama mempelejarinya agar menambah wawasan dibidang ini. Secara harfiah, awareness sendiri merupakan kondisi kesadaran atau dapat mengetahui yang sedang terjadi.

Selain itu, ada juga sebuah istilah Brand Awareness. Yang disebut juga sebagai kesadaran terhadap merek atau kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu brand dengan cepat dalam kondisi berbeda. Dalam era teknologi seperti ini, brand awareness memiliki peran penting dalam keputusan customer ketika ingin membeli suatu barang tertentu.

Karena kesadaran brand ini, customer dapat mengenali nama, produk, slogan, dan logo dalam sebuah promosi. Kemampuan ini harus dimanfaatkan dengan baik agar menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi brand yang ingin Anda luncurkan. Jika kamu masih bingung dengan istilah brand awareness, kami memiliki contoh tentang brand awareness seperti di bawah ini.

Manfaat Dari Brand Awareness

Setelah kalian mengetahui apaitu awareness, brand awareness beserta contohnya, kami akan menjelaskan beberapa manfaatnya bagi brand yang akan Anda luncurkan. Simak berikut ini:

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
    Secara umum brand awareness dapat meningkatkan penjualan, hal ini berhubungan dengan loyalitas pelanggan yang telah dibangun dengan baik. Tentu saja brand yang sudah terpercaya dan baik dimata pelanggan maka akan mendapat support penuh, dan pelanggan akan menantikan produk-produk dengan inovasi baru dari brand tersebut dan memperhatikannya dengan baik di setiap waktu.

  2. Membangun Relasi
    Brand dengan tingkat kepercayaan yang tinggi akan lebih mudah dalam menjalin sebuah kerjasama dengan perusahaan bonafit lain, entah itu di bidang bisnis atau di bidang non bisnis. Sehingga dari kerjasama yang telah dijalin akan terbentuk support yang saling menguatkan hingga menggembangkan unit bisnis.

  3. Membangun Ekuitas Brand
    Semakin banyak orang yang sadar dengan brand awareness, artinya sebuah brand semakin berharga. Hal inilah yang disebut dengan ekuitas brand. Nilai brand semakin meningkat dikalangan konsumen dan semakin menonjol di dalam persaingan pasar.

  4. Bisa Menarik Pelanggan Baru
    Dengan banyaknya orang yang mempercayai brand dan memperbincangkannya setiap hari, ditambah lagi brand tersebut terus menonjol. Membuat orang-orang penasaran dan memilih untuk mencoba brand tersebut, Hal inilah yang membuat penjualan meningkat dan pelanggan baru terus berdatangan karena efek brand awareness

Leave a Reply