Di era yang sudah modern ini, kita memang sudah tidak lagi asing dengan yang namanya smartphone, yang mana sudah menjadi kebutuhan bagi orang-orang. Bahkan anak- anak sampai orang tua semuanya sudah mengguanakan smartphone.

Sekarang banyak perusahaan besar atau toko kecil yang menggunakan website untuk mempromosikan produk atau jasa mereka karena jangkauan wabsite tidak hanya di satu negara saja tetapi sampai ke manca negara.

Pengertian dari Website adalah sekelompok halaman World Wide Web yang terletak di bawah satu domain dan berisi berbagai konten mulai dari teks, gambar, video, audio, atau media lainnya. Sebuah situs website pada umumnya dibangun untuk tujuan tertentu seperti menjadi media berita, pendidikan, e-commerce, hiburan, atau jejaring sosial.

Untuk mengunjungi sebuah situs website, maka Anda hanya membutuhkan perangkat seperti desktop atau smartphone, link URL alamat website, web browser, serta koneksi internet. Perlu Anda ketahui, halaman utama dari sebuah situs website adalah home page. Jadi saat Anda mengakses URL website, maka Anda akan diarahkan ke halaman beranda / home page. Dari halaman inilah, Anda dapat menjelajahi isi web page yang lain seperti membuka halaman layanan, halaman kontak, atau yang lain.

Hal ini juga menjadi peluang yang sangat besar bagi orang-yang juga ingin membuka usaha tanpa harus memiliki toko atau perusahaan untuk produk atau jasa mereka. Sebelum kita membuat Website untuk bisnis kita kita juga harus mempersiapkan apa saja yang ingin dibuat di Website Anda, yaitu:

Menentukan Jenis Website

Pertama-tama sebelum membuat Website, Anda lebuh baik mentukan Jenis Website apa yang cocok dengan bisnis Anda, misalnya: Anda ingin membuat Website kuliner untuk bisnis Website Anda, Atau lain sebagainya.

 Niche Website

Swlain menentukan jenis website, juga membutuhkan niche. Nice merupakan topik yang dibahas dalam sebuah blog atau Website Anda. contohnya: kuliner, fashion, teknologi, atau apapun bisnis yang ingin Anda buat.

 Nama Domain

Nama domain juga sangat perlu dalam pembuatan Website. Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website di internet.

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file, gambar, video, audio, dan data website yang nantinya bisa diakses melalui internet.

 Platform Website

Setelah memiliki domain dan hosting, berikutnya kamu juga perlu menentukan platform pembuatan website yang akan kamu gunakan. menggunakan CMS “Content Management System”, kode pemrograman secara manual, atau website builder

 Desain

Desain adalah salah satu elemen penting dalam sebuah website. Desain website menggambarkan karakteristik sebuah brand dan memberikan kesan sebuah brand terhadap pengunjung website. Karena, pengunjung pertama kali yang dilihat adalah sebuah tampilan, apakah menarik atau tidak bil tampilan nya menarik maka pengunjung tidak akan cepat bosan dam mengunjungi Wabsite Anda.

Konten

Pengunjung “calon konsumen” akan mengenal sebuah website atau sebuah bisnis melalui konten yang kamu tampilkan pada website . Sehingga apapun konten yang kamu buat akan menjadi informasi penting bagi mereka. Jadi, kita juga harus membuat konten yang menarik, agar menarik perhatian para pengunjung.

 Protokol HTTPS

HTTPS adalah protokol keamanan website yang menggunakan Secure Socket Layer “SSL” atau Transport Layer Security “TLS”. SSL atau TLS menjadi hal yang berkaitan dengan keamanan privasi data sebuah website. Seperti password, informasi pribadi, atau informasi pembayaran.

Leave a Reply