Sebuah kejahatan dunia maya atau cyber crime semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi internet dan banyaknya pengguna internet hari demi hari, hal ini disebabkan banyaknya kemudahan yang disediakan oleh internet tanpa memikirkan keamannya. Selain itu ada juga beberapa penyebab terjadinya cyber crime sebagai berikut :

  1. Kelalaian Pengguna Komputer
    Kelalaian pengguna komputer juga menjadi salah satu penyebab kejahatan cyber crime. Orang-orang memasukan semua data-data penting ke dalam internet sehingga memberikan kemudahan bagi sebagian oknum untuk melakukan beberapa tindakan kejahatan.

  2. Sistem Keamanan Jaringan Lemah
    Kita semua mengetahui banyak orang menggunakan fasilitas internet lebih mementingkan desain atau tampilannya dibandingkan tingkat keamananya. Itu juga bisa membuat celah besar bagi ctber crime melakukan aksinya karena lemahnya sistem keamanan dan jaringan tersebut.

  3. Para Pelaku Merupakan Orang-Orang Cerdas Akan Teknologi Komputer
    Pelaku kejahatan virtual atau cyber crime itu merupakan orang-orang yang pintar akan teknologi komputer. Dan faktor ini sangat sulit dihindari karna kepintaran atau kecerdasan dalam mengakses internet yang dimiliki oleh orang zaman sekarang ini banyak sekali disalah gunakan untuk mendapatkan keuntungan semata.

  4. Tidak Diperlukan Peralatan Yang Super Modern Dan Resiko Keamanan Yang Kecil
    Seperti yang kita ketahui internet atau jaringan adalah sebuah alat yang sangat mudah kita gunakan tanpa memerlukan alat-alat khusus. Namun, penorong utama tindak kejahatan cyber adalah sangat susah melacak orang yang menyalah gunakan fasilitas inernet tersebut.

  5. Akses Internet Tidak Terbatas
    Dengan adanya internet dan saling terhubungnya antara jaringan 1 dengan jaringan lainnya, dan juga memudahkan bagi pelaku cyber crime melakukan aksinya. Kita diberikan kenyamanan dan kemudahan untuk mengakses segala sesuatu tanpa ada batasnya, dengan kenyamanan dan kemudahan itu juga menjadi salah satu faktor utama bagi sebagian oknum untuk melakukan tindakan cyber crime dengan sangat mudah.

  6. Perhatian Masyarakat Dan Penegak Hukum Kurang
    Masyarakat dan pemegak huk um pada saat ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kejahatan konversional. Pada nyatanya, para pelaku cyber crime masih melakukan aksi kejahatannya, hal ini juga disebabkan karena rendahnya pengetahuan tentang penggunaan internet yang lebih dalam pada masyarakat.

Leave a Reply