PHP atau Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.

Selain itu, dengan sifatnya yang open source. Pengguna bebas memodifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun pengguna juga harus memiliki skill coding yang bagus agara dapat memaksimalkan kinerja dari PHP itu sendiri

Kegunaan PHP

Secara umum, fungsi PHP adalah digunakan untuk pengembangan website. Baik website statis seperti sebuah situs berita yang tidak membutuhkan banyak fitur. Ataupun website dinamis seperti toko online dengan segudang fitur pendukung.

Namun, penggunaan PHP tidak terbatas pada pengembangan website saja, lho. Karena fleksibilitasnya yang tinggi, PHP juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi komputer sekalipun. Jadi kegunaan dari PHP sangatlah banyak karena sistem open source yang membuat penggunanya bisa dengan bebas menggunakannya sesuai kepentingan masing-masing.

Leave a Reply