Email adalah metode pengiriman, penulisan, dan penerimaan pesan melalui sistem komunikasi elektronik, berupa internet. Email atu bisa dikatakan surat degan surat dengan format digital, atau ditulis dengan komputer,dan dikirim melalui jaringan komputer.

Dengan adamya email membuat proses surat-menyurat jadi lebih mudah, murah dan cepat dilakukan tanpa harus mengirimkannya melalui pos. Berikut adalah jenis jenis Email adalah :

1. Pop Mail

Pop Mail adalah internet protokol yang menetapkan server email. Pop mail atau singkatan dari POP atau Post Office Protocol. Pop Mail juga dapat dibaca dalam kondisi offline tidak terhubung ke internet. Cara mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet.

POP Mail adalah sejenis layanan yang memungkinkan setiap email yang masuk ke dalam mailbox di server computer dapat ditampung di computer local. Pop Mail juga biasa dicek dimanapun dan kapan pun.

2. Email Berbasis Web

Email berbasis Web atau Web based mail adalah layanan Email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan. seperti contoh : Google, Yahoo Hotmail dan lain-lain. Email ini juga diberikan gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu Email ini juga dapat mengecek email dari mana saja.

3. Email forwarding

Email forwarding adalah layanan email yang meneuskan email yang diterima ke alamat email lain, atau bisa dikatakan sistem mencopy email yang dikirimkan ke email yang lain. Jadi apabila anda memiliki banyak email, anda tidak perlu membuka banyak email untuk mengecek semua email yang anda miliki.

Leave a Reply