Pada mulanya, website berfungsi sekedar media informasi saja. Dahulu lembaga pemerintah hanya menampilkan teks saja dalam websitenya. Sebab tujuan utamanya hanya untuk menyampaikan informasi lewat internet.

Semenjak kemajuannya World Wide Web, banyak berbagai jenis website muncul. Bahkan saat ini sudah milyaran situs web yang online di seluruh dunia dari berbagai kategori.

Jenis-jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Terdapat dua jenis websitenya yaitu :

1. Website Statis

Website statis adalah situs web yang isi nya tidak ada perubahan. Pengguna yang mengakses website ini tidak akan dapat berkomentar atau mengisi form. Pada umumnya website ini dibuat hanya untuk menyampaikan informasi penting saja seperti kontak dan profil. Bahkan tidak membutuhkan databse guna membangun website ini. Contoh nya yaitu website portofolio baik pribadi maupun lembaga.

2. Website Dinamis

Website ini berbanding balik dengan website statis. Pada web ini isi nya sering berubah atau diupdate ole pemiliknya. Pengguna yang mengkases nya pun dapat berinteraksi di websitenya.

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya yang Populer Saat ini

Terdapat berbagai jenis website saat ini, tetapi yang paling populer dan sering diakses oleh banyak orang yakni :

1. Website Media Sosial

Website ini berfungsi untuk tempat berinteraksi berbagai orang melalui online. Sekarang kita dapat terhubung satu dan lainnya tanpa perlu memikirkan jarak dan waktu, kita dapat berkomunikasi kepada orang yang berbeda daerah bahkan beda negara hanya melalui media sosial.

Selain itu, media sosial pun dapat digunakan untuk berbisnis yang disebut dengan bisnis online, dan banyak juga orang yang berbisnis sekedar mengandalkan media sosial saja.

Contoh website media sosial yakni :

2. Website Search Engines

Search engine adalah website yang sangat sering diakses oleh kita setiap saat untuk mencari informasi apapun. Informasi ini dapat berupa tutorial, gambar, lokasi, dan lainnya.

Website ini telah mempunyai kecerdasan buatan supaya mereka dapat memberikan informasi yang sangat sesuai dengan yang dicari oleh penggunanya.

Contoh search engine yakni :

3. Website E-Commerce

E Commerce sendiri adalah website yang berfungsi untuk melakukan kegiatan jual beli produk dan jasa. Terdapat berbagai model jenis ecommerce, namun yang paling terkenal adalah Marketplace.

Yang sering muncul iklannya di TV rata-rata jenis ecommerce Marketplace. Para penjual dan pembeli dapat bertransaksi via website dengan mudah, nyaman, dan aman.

Contohnya :

4. Web News/Portal

Kemudian terdapat website news yang merupakan web berita atau media online. Di era digital saat ini berita online lebih sering dibaca dibanding menonton melalui televisi.

Website berita mempunya berbagai kategori yaitu :

Sementara contoh website berita yang paling populer di Indonesia yaitu :

5. Web Blog

Weblog atau blog adalah suatu website yang menampilkan sejumlah macam informasi. Pada umumnya postingan terbaru dari suatu blog buat tampil pada halaman atas ataupun utama.

Informasi dari suatu blog rata-rata berbentuk artikel dan dilengkapi dengan gambar. Website ini umumnya dikelola oleh satu atau sejumlah orang saja.

Blog dibikin dengan mudah dan gratis. Apabila Anda memiliki satu skill dan berkeinginan membagikan dalam bentuk artikel maka blog ialah media yang cocok guna di publikasikan.

Contoh blog yang sekedar membahas sejumlah kategori khusus yakni :

6. Web Company Profile

Company profile adalah website yang berisikan profil dari suatu perusahaan. Website ini berfungsi sebagai sarana informasi da komunikasi mengenai perusahaan terhadap customer atau orang yang berkaitan dengan bisnisnya.

Salah satu kegunaan keberadaan web company profile ialah orang-orang akan mendapatkan secara mudah mengakses informasi yang mereka perlukan dari perusahaan tersebut.

Website ini pun dapat dijadikan sebagai sarana promosi dan marketing terhadap customer.

Contohnya yaitu :

7. Website Personal

Website ini dimiliki oleh seseorang untuk mempublikasikan informasi terkait dirinya. Biasanya website personal dipakai untuk meningkatkan personal branding.

Siapa saja dapat memiliki website personal baik kalangan professional, politik, hukum, dan lainnya.

Contoh website personal milik tokoh Indonesia dan dunia yaitu :

8. Crowdfunding

Website ini adalah website yang berfungsi sebagai media pengumpulan dana di dunia maya. Penggalangan dana yang telah terkumpul biasanya digunakan sebagai bantuan medis, bencana alam, pembangunan rumah ibadah, dan bantuan sosial terhadap orang tidak mampu.

Di website crowdfunding kita dapat membikin campaign serta memberikan donasi dengan mudah.

Contoh website crowdfunding di Indonesia yaitu :

9. Online Learning

Online learning merupakan situs yang dapat dipergunakan sebagai media belajar online.

Pada pandemic covid-19 seperti ini, situs online learning sangatlah menguntungkan, sebab para siswa dapat dengan mudah belajar dimanapun dan kapanpun tanpa perlu khawatir akan bahanya virus covid-19, selama mereka mempunyai koneksi internet di perangkatnya.

Situs belajar online pun terdapat dua maca, yakni yang gratis dan berbayar. Dengan demikian mereka mendapatkan fitur dapat mengakses materi yang cukup lengkap.

Contoh website online learning :

10. Photo Sharing

Website ini digunakan sebagai tempat penyimpanan foto secara online, serta sebagai media sharing foto kepada orang yang memerlukan suatu foto untuk kepentingan nya baik secara gratis maupun berbayar.

Ketika kita sedang membuat banner terkadang kita membutuhkan foto supaya banner itu menjadi lebih menarik. Untuk memperoleh foto yang berkaitan dengan banner yang dibuat, Anda bisa dapatkan dengan gratis ataupun berbayar dari situs photo sharing.

Contohnya yaitu :

11. Community/Forum

Website ini biasanya dijadikan sebagai tempat berinteraksi semacam tanya jawab mengenai sebuah masalah oleh komunitas tertentu.

Contohnya pada saat belajar pemrograman kita selalu menemukan kesulitan yang membingungkan. Maka kita dapat saling tanya jawab pada website forum programmer yakni stackoverflow.com untuk menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.

Contoh website nya antara lain :

12. Social Bookmarking

Website social bookmarking digunakan sebagai tempat penyimpanan, pengaturan, dan berbagai alamat website yang dianggap favorit oleh penggunanya.

Seperti halnya saat kita sedang membaca tutorial yang bagus kita enggan melewatkannya begitu saja, kita beranggapan orang lain perlu membaca tutorial ini juga, sehingga kita dapat saling berbagi di social bookmarking.

Kegunaan lainya yaitu dipergunakan untuk memberi backlink kepada sebuah situs. Supaya kualitas situs nya dapat meningkat di mata search engine.

Contoh website social bookmarking :

13. Banking

Website banking disebut juga sebagai internet banking, yang berarti kita dapat dengan mudah melakukan transaksi keuangan bank melalui online.

Walaupun terdapat mobile banking, tetapi internet banking masih menjadi pilihan utama orang-orang. Internet banking umumnya mmepunyai tampilan yang simpel dan mudah untuk digunakan.

Contohnya yaitu :

14. File Sharing

Website ini dipergunakan untuk saling berbagi file dalam bentuk dokumen, foto, ataupun video dengan orang lain. Selain itu, dapat menjadi solusi sebagai penyimpanan data secara cloud, tentu kita dapat menghemat kapasitas perangkat penyimpanan yang dimiliki.

Cara kerja websit ini cukup sederhana :

Contoh website file sharing yang sering digunakan pemakainya yaitu :

15. Short URL

Short URL merupakan website yang menyediakan layanan untuk meringkas URL. Maka ketika membagikan URL pada orang lain, orang tersebut dengan mudah dapat mengakses atau mengingat URL dengan mudah.

Contoh website nya yaitu :

16. Encyclopedia

Website ensiklopedia merupakan website yang menyediakan rangkuman informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan atau bidan tertentu saja.

Semisal, pada saat kita mencari salah salah tokoh terkenal, maka search engine akan menampilkan website ensiklopedia di urutan teratas.

Contohnya yaitu :

Penutup

Tadilah penjelasan mengenai contoh-contoh website yang sering diakses oleh banyak orang setiap harinya. Semoga bermanfaat

Leave a Reply