JavaScript adalah bahasa scripting untuk membuat konten dinamis di halaman atau aplikasi web, game, serta membangun web server. Fungsi Utama dari JavaScript di antaranya adalah untuk pengembangan aplikasi web dan mobile, membangun web server dan aplikasi server, membuat website yang interaktif, serta game development.

Sedangkan Java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk pengodean aplikasi web. Bahasa ini telah menjadi pilihan populer di antara developer selama lebih dari dua dekade, dengan jutaan aplikasi Java yang digunakan saat ini.

Perbedaan

Perbedaan Java dan JavaScript adalah, Java merupakan sebuah bahasa pemrograman, sedangkan JavaScript sendiri adalah sebuah skrip pemrograman. Kode JavaScript ditulis dalam teks dan bisa langsung diinterpretasikan browser, sedangkan Java harus di-compile menjadi bytecode yang bisa dipahami dan dijalankan komputer.

Nah, bahasa scripting termasuk ke dalam bahasa pemrograman, tapi berfungsi untuk memanipulasi, menyesuaikan, dan mengotomatiskan apa yang sudah ada di dalam sistem. Sedangkan bahasa pemrograman biasanya digunakan untuk membuat sebuah program dari awal atau dari nol hingga selesai.

Leave a Reply