Dunia Digital juga ada yang namanya protokol internet, yang ternyata hal itu juga sangat penting untuk menambah kemanan Website dan juga Blog. Protokol internet juga ada dua, yaitu: Http, dan Https.

HTTP

Untuk mengenal apa itu HTTP yaitu protokol jaringan lapisan Aplikasi, yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti gambar, dokumen, file, video antar komputer.

Protokol Htpp menyediakan kumpulan perintah di dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi tersebbut berlangsung antara Web server dengan komputer client atau sebaliknya.

Sesuai dengan namanya, pengguna protokol HTTP atau singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol” berhubungan dengan hypertext sehingga banyak mengambil sumber daya dari sebuah tautan, sebuah jenis berkas yang bertindak sebagai referensi ke berkas lainnya atau direktori.

Contoh HTTP yang sederhana adalah penggunaan protokol HTTP adalah komunikasi antara komputer client dengan web server.

Fungsi HTPP yaitu mengatur format dan bagaimana data ditransmisikan. HTTP juga berfungsi untuk mengatur bagaimana web server dan browser memproses berbagai macam perintah yang masuk.

HTTPS

HTTPS adalah singktan dari kata “Hypertext Transfer Protokol Secure” yang dapat diartikan sebagai bentuk protokol yang aman dan valid. Karena perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.

HTTPS meruppakan gabungan dari HTTP dengan SSL(Secure Socket Layer) / TLS(Transport Layer Security) protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan di analisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melaui internet.

Contoh Perusahaan Internet Yang menggunakan  HTTPS atau “Hypertext Transfer Protokol Secure”, adalah perusahaan yang bergerak di bidang internet kebanyakan dari mereka membuat sebuah protokol dengan sistem keamanan yang cukup canggih, salah satunya dengan menggunakan HTTPS  seperti facebook.

Fungsi khusus HTTPS adalah untuk menjaga kemanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen secara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya eror program sebuah data dan kerusakan server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusahaan yang di buat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab.

Perbedaan HTTP dan HTTPS adalah pada keamanannya, di mana HTTP adalah protokol yang belum menggunakan SSL/TLS, dan HTTPS adalah versi yang lebih aman karena sudah menggunakan SSL/TLS untuk mengenkripsi koneksi antara web browser dan web server.

Leave a Reply