Di era yang serba digital ini sangat tidak asing dengan hacker dan progammer. Istilah kata-kata ini datang dari dunia IT yang sering kali diucapkan. Mulai dari media sosial hingga job portal Indonesia. Lalu, sebenarnya apa itu perbedaan hacker dan programmer?

Hacker

Hacker biasanya adalah programmer yang terampil dengan pengetahuan tentang keamanan komputer yang sangat luas. Misalnya, Hacker bisa meretas sistem komputer menggunakan algoritma kata sandi tertentu.

Lalu meretas keamanan data-data untuk tujuan yang tertentu. Ada hacker yang meretas untuk tujuan yang baik dan ada juga yang bertujuan untuk kepantingan pribadi atau melakuakan kejahatan.

Hacking juga salah satu tindakan yang ilegal dan juga legal karena berusaha untuk mengakses data atau informasi atau jaringan tanppa izin atau sudah memiliki izin dari seorang pemilik. Hacker juga bisa melakukan aksinya dengan mengubah, merussak atau membobol keamanan targetnya.

Melakukan peretasan atau pembobolan sangatlah susah dilakukan. Oleh karena itu seorang hacker biasanya terdiri dari orang-orang yang sangat mahir atau ahli dalam pengetahuan komputer dan jaringan yang luar biasa. Seorang hacker juga seseorang yang melakukan sesuatu dalam konteks informatika.

Programmer

Programmer adalah seseorang yang merancang rangkaian kode untuk menciptakan program perangkat lunak. Seorang programmer merancang kode dan mengubahnya menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Programmer juga bisa menawakan solusi dengan merekayasa dan memanipulasi code-code komputer.

Programmer juga bisa membuat atau mengembangkan perangkat lunak. Perangkat lunak di sini bisa diartikan juga sebagai aplikasi komputer. Keahlian seorang programmer amat luas cakupannya dari sekedar menampilkan “Hello World” di halaman web hingga mengelola, menyortir dan mengindek bagian data di dunia maya yang riuh dengan code dan algoritma tertentu.

Biasanya seorang programmer menggunakan bahasa pemrogrman untuk melakukan tugasnya. Misalnya seperti bahasa pemrograman Python, Golang, PHP, Javascript, Ruby dan lain sebagainya.

Jadi perbedaan antara Hacker dan Programmer secara garis besar juga bisa dikatakan hacker juga bisa dikatakan sebagai programmer yang terlatih. Hanya saja memiliki pekerjaan yang terbalik dengan developer. Saat developer membuat kode komputer berjalan sebagaimana mestinya, hacker justru membuat kode komputer berjalan sebagaimana maunya

Leave a Reply