JavaScript merupakan bahasa pemrograman berbasis teks yang digunakan baik dari sisi klien dan juga sisi server yang memungkinkan seseorang membuat halaman Website menjadi interaktif. Jika HTML Dan CSS meruapakan bahasa yang memberikan struktur dan gaya ke halaman web, JavaScript adalah yang memberikan elemen interaktif halaman web yang melibatkan pengguna.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman jenis interprenter, sehingga tidak memerlukan compliler untuk menjalankannnya. Juga memiliki fitur-fitur seperti beriorientasi objek, client-side, high-level programming, dan loosely typed. Penggunaan kode JavaScript pada sebuah website bersifat opsional, artinya tidak harus selalu ada. Namun, mayoritas website dan blog modern saat ini menggunakan kode JavaScript.

JavaScript juga merupakan suatu kode atau pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sekaligus mengendalikan konten Wabsite agar menjadi dinamis. Contohnya: konten situs yang dinamis adalah apa pun yang dapat bergerak atau mengubah apa pun yang tampak di layar tanpa mengharuskan Anda memuat ulang laman situs tersebut secara manual.

Juga ada bebrapa fitur yang dapat membuat situs menjadi dinsmis dan tentunya membutuhkan bahasa pemrograman. Diantaranyya slideshow foto, saran pengisian teks otomatis, gambar animasi, form otomatis, dan lain sebagainya.

Berikut fungsi dari JavaSript, yaitu:

Menciptakan game berbasis web browser, Meskipun JavaScript umumnya digunakan untuk menciptakan bagian frontend pada sebuah situs, bahasa pemrograman ini sangat serbaguna sehingga bisa digunakan untuk bagian backend situs, Membuat situs tampak lebih interaktif dan menarik karena akan lebih dari sekadar laman statis yang penuh tulisan dan lain-lain.

JavaScript mudah untuk mempelajarinya. Karena, dapat langsung memulainya tanpa perlu mengistal banyak program seperti bahasa pemrograman lainnya.

Leave a Reply