Web service merupakan aplikasi yang berisi sekumpulan data dan software yang termasuk kedalam bagian program dan diakses secara remote oleh piranti dengan perantara tertentu. Melalui web service, pengguna dapat mengatasa permasalahan berupa interoperability dan mengintegrasikan sistem berbeda.

Pada umumnya, sebuah web service memiliki ciri khas beru[pa URL layaknya website. Namun perbedaannya terdapat pada interaksi yang diberikan oleh web service itu sendiri. URL yang ada pada web service hanya mengandung sekumpulan informasi, perintah, dan konfigurasi atau sintaks yang berguna untuk membangun sebuah fungsi tertentu.

Web service juga dapat menukar data tanpa memandangn sumber database, bahasa yang digunakan, dan platform database itu sendiri. Kemampuan inilah yang memungkinkan web service menjadi jembatan penghubung untuk berbagai sistem dan menambah jangkauan sistem.

Contoh dari web service seperti pada kasus saat pengguna ingin mengetikkan alamat URL dari website untuk melakukan permintaan atau request pada layanan yang tersedia dari website tersebut. Lalu sampailah permintaan tersebut ke server yang dituju. Kemudian dengan waktu yang singkat server akan memberikan respon yang dapat disajikan menjadi laman web. Inilah hubungan antara client dan server yang umumnya terjadi pada sebuah website.

Manfaat Web Service

Leave a Reply