Membuat sebuah website memang membutuhkan ilmu dan pemahaman tentang bahasa pemrograman, salah satunya adalah HTML. HTML merupakan salah satu hal penting dalam pembuatan sebuah website, yang di dalamnya terdapat beberapa tag dan elemen yang dapat digunakan dan salah satunya adalah div.

Div (division) merupakan elemen HTML bertanda <div> yang menjadi wadah penampungan konten pada website. Penggunaan div ditujukan untuk memudahkan aplikasi berbasis CSS pada saat diberi Class, ID, Title, dan sebagainya. Umumnya, kegunaan tag div pada HTML digunakan untuk mengelompokkan elemen atau bermacam-macam tag agar menjadi sebuah grup, div juga sering digunakan untuk membatasi bagian satu dengan lainnya oleh para developer. Oleh karena itu, div sering disebut sebagai tag multifungsi.

Penggunaan div sangatlah fleksibel dan bisa digunakan dalam kondisi apa pun. Misalnya, saat membagi halaman situs website menjadi beberapa bagian yang nantinya akan membuat tampilan lokasi header, footer, dan sebagainya.

Agar Anda dapat memahami teori dan fungsi div dengan lebih baik, kami akan memberikan contoh penggunaan div yang nantinya bisa Anda terapkan untuk membuat website. Contoh penggunaan div seperti berikut ini.

Penggunaan <div> pertama pada barisan pertama hingga ketiga, seperti contoh yang ada di ata, memiliki attribute class text-danger, sedangkan <div> dibaris yang kelima sampai baris yang ketujuh tidak memiliki class apapun. Jika diberi style CSS khusus untuk div pada barisan pertama maka akan berubah bentuh dan berikut adalah hasilnya :

Leave a Reply