Beberapa tahun terakhir istilah cyber security semakin sering terdengar. Namun masih banyak yang belum tau apa itu cyber security, menurut ISO (International Organization for Standarzation) cyber security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace. Cyberspace sendiri merujuk pada lingkungan yang kompleks dari interaksi antara orang, perangkat lunak, dan layana- layanan internet melalui jaringan internet dan berbagai koneksi pada lingkungan yang tidak memiliki wujud.

Cyber security juga bisa dibilang sebagai praktik melindungi para komputer dan teknologi jaringan dari cyber crime. Dan cyber security pada saat ini sudah dikembangkan dan bertambah jumlahnya dengan sangat cepat, hal ini dikarenakan serangan dari para peretas dan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab semakin bertambah banyak dan hampir tidak bisa terkendali.

Cyber security juga memiliki beberapa jenis seperti Cloud Security yang befungsi sebagai tempat penyimpanan data yang dienkripsi agar tidak mudah untuk di tembus dan dicuri, jenis kedua adalah Network Security yang berfungsi sebagai tameng untuk data data yang meliki keamanan cukup rendah, dan jenis ketiga adalah Application Security yang berfungsi sebagai autentikasi agar sebuah data memiliki keamanan yang jauh lebih kuat.

Keuntungan memiliki cyber security adalah proses pemulihan sebuah komputer atau jaringan yang telah diserang jauh lebih cepat meskipun serangannya cukup berbahaya. Namun cyber security juga memiliki kekurangan, dimana cyber security lebih rentan diserang karna memiliki celah yang mudah untuk dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply