Sekarang ini sangat banyak penipu online, yang mulai dari meretas hingga meminta jaminan kepada korban. Juga kadang ada pesan yang tidak kamu ketahui dari mana berasal. Dan Anda kadang menerima pemberitahuan keamanan itu adalah pemberitahuan dari seorang cyber security engnieer.

Taukah Anda apa itu cyber security engnieer? Cyber security engnieer adalah seseorang yang memastikan informasi pentingatau data dalamserver tersimpan dengan baik. Dan tugas dari cyber security engnieer yaitu menerapkan, menetapkan, memantau protokol keamanan komputer dan jaringan dengan melindungi dat dari peretas.

Cyber security engnieer bertanggung jawab dalam merancang dan menetapkan strategi terbaik untuk melindungi jaringan internal perusahaan dari akses yang tidak diinginkan. Dan juga mendeteksi, mencegah, sertamenyelesaikan masalah teknis dari software dan hardware yang digunakan.

Cyber security engnieer juga merapkan sistem deteksi gangguan, memasang firewall, dan terkdang berkolaborasi dengan ahli IT lainnya untuk memecahkan masalah keamanan. Dan memperbaiki kebocoran sistem ketika terjadi serangan dari penyusup.

Ia juga bertugas melakukan pengujian, pengujian keamanan, dan analisis resiko, kemudian meaporkan temiuan, mengevaluasi langkah-langkah keamanan baru, dan membuat rekomendasi keamanan IT kepada petinggi perusahaan.

Dan berikut adalah salah satu tujuan dari Cyber security engnieer: Menulis skrip otomatisasi yang mengidentifikasi masalah jaringan secara teratur, Menyelidiki gangguan jaringan dan menghentikan serangan kebocoran data, Melakukan pengujian penetrasi untuk mengidentifikasi kerentanan, Mengawasi perubahan pada jaringan dan penyebaran perangkat lunak untuk memastikan perlindungan jaringan, Membuat algoritma yang mengatur proses untuk otentikasi, otorisasi dan enkripsi.

Leave a Reply