Sebutan cyber security tentunya telah familiar sebab berhubungan keamanan di dunia internet. Kurangnya pemahaman mengenai dunia maya adalah salah satu faktor yang memicu terjadinya aksi kejahatan.

Pengertian Cyber Security

Cyber security merupakan perlindungan sistem internet dari serangan cyber. Perlindungan ini mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data pribadi.

Keamanan cyber dan keamanan fisik merupakan bagian dari keamanan di internet, keduanya dipakai oleh perusahaan guna melindungi pusat data serta sistem komputer dari akses ilegal.

Keamana informasi dibuat untuk menjaga integritas, kerahasiaan dan ketersediaan data termasuk dari cyber security.

Konsep Dasar Cyber Security

Secara menyeluruh, cyber security dibagi menjadi tiga elemen dasar atau The CIA Triad. Diantaranya yaitu Confidentiality (kerahasiaan), Intergrity (integritas), dan Availability (ketersediaan), dan berikut penjelasannya :

1. Confidentiality

Kerahasiaan merupakan aturan yang membatasi akses informasi melalui langkah-langkah tertentu supaya informasi tersebut tidak dapat diakses oleh hacker.

Pada suatu perusahaan, cuma orang tertentu saja yang dapat mengakses informasi tersebut. Umumnya mereka diberikan pelatihan khusus, semacam cara berbagi informasi serta mengamankan akun dengan benar.

2. Intergrity

Integritas meyakinkan jika data bisa dipercaya, akurat dan konsisten pada periode tertentu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam transit tidak boleh dihapus, diubah ataupun diakses dengan ilegal.

Cara menjaga integritas yaitu ekripsi, tanda tangan digital dan certificate authority (CA) digital. Fungsinya sebagai verifikasi identitas pemakai situs website.

3. Availability

Ketersediaan adalah komponen CIA Triad. Pada bisnis, tersedianya aplikasi, sistem serta data yang dapat diakses konsumen merupakan sebuah kewajiban.

Seperti pemakai mobile banking wajib melakukan transfer mendadak. Mereka akan merasa menyesal apabila aplikasinya mendadak down. Tanpa disadari akan mempengaruhi kredibilitas bank yang bersangkutan.

Tips Perlindungan Cyber Security

Disebabkan sering melibatkan internet pada kegiatan sehari-hari, maka rentan apabila mengabaikan adanya kejahatan dunia maya. Berikut ini merupakan sejumlah tipe perlindungan cyber security :

1. Application Security

Anda perlu mempertimbangkan keamanan aplikasi sebagai langkah kemanan yang wajib diperhatikan untuk melindungi sistem keamanan. Selain itu, keamanan aplikasi bisa ditingkatkan memakai antivirus, program ekripsi dan firewall.

2. Critical Infrastructure Security

Keamanan sendiri meliputi infrastruktur fisik, seperti jaringan listrik, pemmurnian air, pusat perbelanjaan, lampu lalu lintas dan rumah sakit.

Maka dari itu, perusahaan dengan pelayanan ini perlu melakukan uji tuntas guna mengetahui keamanan pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat umum.

3. Cloud Security

Cloud Security menentukan terhadap upaya menjaga datayang tersimpan di cloud. Usaha ini meliputi teknologi, kebijakan kontrol dan layanan yang mendukung keamanan cloud.

Risiko cloud security adalah penyalahgunaan data, pencurian dan pembajakan traffic layanan. Kemudian, apabila layanan penyimpanannya buruk, berdampak pada keamanan cloud juga.

Sebagai upaya melindunginya, Anda bisa memakai Two Factor Authentication, Firewall, VPN, dan Ekripsi Data.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan seputar cyber security. Kenapa cyber security cukup penting? Sebab keamanan pada sistem internet begitu penting, jikalau informasi atau data penting tersebut tercuri, maka hal ini menyebabkan kehancuran kredibilitas yang Anda buat.

Leave a Reply