Web security adalah segala tindakan yang bertujuan untuk mengamankan dan melindungi website dari serangan internet yang biasanya dilakukan oleh para hacker atau penjahat dunia maya. Pada dasarnya web security adalah security cyber, hal inilah yang membuat tindakan web security adalah dengan mendeteksi, mencegah serta menangani ancaman dan serangan yang mungkin akan terjadi.

Jadi kesimpulan dari web security adalah sistem yang dibuat sebagai tindakan untuk melindungi dan memberikan protokol yang dibutuhkan oleh website dari para peretas, atau pun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab lainnya.

Fungsi Web Security

Seperti yang sudah dijelaskan, web security dibuat untuk melindungi dan mengamankan website dari serangan dunia maya. Namun Selain itu ada beberapa fungsi lain yang tidak kalah penting, di antaranya adalah :

  1. Menjaga Keamanan Data Pelanggan
    Fungsi pertama adalah menjaga data para pelanggan, tindakan ini dilakukan agar data pelanggan dan data perusahaan bisa melakukan transaksi tanpa perlu takut identitas dan datanya bocor atau pun dicuri.
    Penjagaan data ini juga sangat penting untuk web ecommerce karena data para penjual atau pembeli sangat sering dicuri untuk kegiatan ilegal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  2. Meningkatkan Kelancaran Dan Kepercayaan Pelanggan Saat Melakukan Jual Beli
    Fungsi yang kedua ini adalah meningkatkan kepuasan para pelanggan, jika sebuah website jual beli tidak memiliki sistem keamanan pasti akan mengancam perusahaan dan para pelanggan yang akan bertransaksi. Hal ini dapat menghambat proses jual beli dan menurunkan kepercayaan para pelanggan dan mendapatkan kerugian.
    Oleh karena itu sebuah web harus memiliki security guna menjaga semua orang yang terlibat dalam web tersebut, memasang security pada web juga menjaga kredibilitas bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan karena web telah terjamin dan terpercaya.

  3. Memberikan Jaminan Memenangkan Persaingan
    Banyaknya kompetitor akan susah untuk memenangkan hati para pelanggan. Hal ini dapat diatasi dengan memasang web security yang bisa memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi bagi para pelanggan, dan kemudian para pelanggan akan memilih website Anda karna sudah terjamin dibandingkan kompetitor lain.

  4. Menghindari Virus Seperti Malware
    Dengan memiliki web security maka web Anda sudah bisa dipastikan aman dari serangan virus seperti malware yang berbahaya. Pasalnya jika sebuah sistem keamanan tidak dijaga dengan baik, bisa jadi web akan terserang malware dan membuat Anda mengeluarkan modal yang lebih besar hanya untuk memperbaikinya

Leave a Reply