HTML memiliki beberapa atribut, salah satunya adalah href yang biasanya ditulis seperti ini “<a href=”. bagi seseorang yang baru belajar HTML pasti bertanya-tanya apa sih href ini? Pada dasarnya a href digunakan untukk membuat sebuah link. Tapi fungsi dari href ini tidak hanya itu saja, dan berikut beberapa fungsi lain dari a href :

  1. Membuat Link Ke Halaman Lain
    Fungsi pertama ini adalah fungsi yang paling banyak digunakan sebagai penghubung ke halaman lain. contoh dari code HTML seperti di bawah ini:
    <a href=”link halaman”>>tulisan</a>

  2. Membuat Navigasi Halaman
    Fungsi selanjutnya adalah navigasi halaman, contohnya seperti membuat tombol back to top untuk memudahkan pengunjung. Dalam pembuatannya pun sering dilengkapi dengan beberapa CSS code, biasanya link akan ditautkan ke salah satu code CSS ini yang jika diklik akan berpindah ke halaman header. Contoh code HTMLnya seperti di bawah ini:
    <a href=”#kodecss”>tulisan

  3. Membuat Link Email
    Fungsi yang terakhir adalah membuat link email guna mengirm email ke alamat yang ditentukan secara otomati. Ini juga mempermudah proses pengiriman email ke berbagai orang. Contoh code HTMLnya seperti di bawah ini:
    <a href=”mailto:emailsaya@gmail.com”tulisan

Dan itulah beberapa fungsi utama dari a href ini yang jika diperhatikan pada dasarnya fungsi dari atribut tersebut adalah sebagai link untuk menautkan dari satu halaman ke halaman lain guna mempercepat dan mempermudah proses login atau masuk ke halaman.

Leave a Reply