Dalam HTML ada yang namanya selector. Ada yang sudah defalut, yaitu bawaan dari pembuat atau empunya dan pengembangannya. Kalian juga bisa membuat selector sendiri. Ada dua jenis selector pada HTML yaitu ID dan Class. Dan kali ini akan membahas tentang perbedaan antara ID dan Class.

ID

ID adalah selector yang digunakan oleh satu Tag HTML. Karena ID sendiri hanya boleh digunakan satu Tag HTML. ID juga selector yang menentukan bagian yang hanya ada satu pada halaman dan juga menentukan style-nya. Jika ID dipanggil lebih dari satu maka yang bekerja hanya pada bagian yang pertama saja. Selector ID juga bisa me-link pada section dalam satu halaman.

Ciri-ciri ID :

Jangan sampai kita menggunakan penamaan id lebih dari satu kali dalam satu penyajian halaman website. Apabila kalian mau coba, kalian boleh saja menamakan dua elemen dengan tag id yang sama, lalu akan kalian temukan salah satu dari elemen tersebut akan menolak setting CSS yang kalian berikan.

Class merupakan selector yang dapat kita digunakan oleh lebih dari satu tag html. Artinya beberapa tag html bisa menggunakan css dari class tersebut.

Selector class juga digunakan untuk menentukan style juga sama seperti id. Bedanya adalah jika id hanya boleh dipanggil satu kali saja, class bisa dipanggil berkali kali pada satu halaman

Apabila kalian memiliki elemen yang banyak dan ingin menerapkan styling yang sama untuk setiap objek atau elemen tersebut, gunakan tag class.

Leave a Reply