Cyber crime tidak hanya sebuah kejahatan di dunia maya yang bertujuan mendapatkan data pribadi korban, namun cyber crime juga dapat membobol kartu kredit dan juga pembajakan situs dan penyadapan, serta berbagai jenis kejahatan lainnya yang merugikan korban.

Dan berikut adalah beberapa jenis kejahatan cyber crime yang sering terjadi di dunia maya, yaitu :

  1. Unauthorized Access To Computer System And Service
    Tujuan pelaku kejahatan yang satu ini, biasanya menyabotase, mencuri atau menyadap informasi yang bersifat rahasia (penting). Kejahatan ini dilakukan dengan cara memasuki sebuah jaringan komputer secara ilegal tanpa seizin dan sepengetahuan pemilik, kejahatan virtual ini biasanya dilakukan oleh peretas untuk menguji kemampuan dalam menembus atau membobol sistem jaringan komputer dengan proteksi tinggi.

  2. Cyber Espionage
    Jenis kejahatan ini biasanya ditunjukan atau dilakukan untuk memata-matai pihak lain dengan memasuki sistem komputer secara ilegal.

  3. Illegal Contents
    Kejahatan cyber yang ini, dengan cara memasukan informasi atau data yang tidak benar atau hoaks. Kejahatan virtual ini sangat berpotensi mengganggu ketertiban umum dan berbagai jenis data serta informasi yang tidak betul atau tidak valid.

  4. Cracking
    Cracking ini merupakan jenis kejahatan virtual yang bertujuan supaya merusak sistem keamanan bagi komputer. Pelaku cracking biasanya melakukan tindakan pencurian maupun tindakan yang lain saat mendapatkan akses kedalam sebuah sistem komputer.

  5. Data Forgery
    Ini biasanya dilakukan dengan memasukan data pada dokumen penting yang tersimpan sebagai dokumen tanpa skrip melalui internet. Pada umumnya kejahatan cyber yang satu ini, ditujukan pada jenis dokumen penjualan berbasis daring atau niaga elektronik.

Leave a Reply