Bahasa pemrograman atau yang sering disebut dengan bahasa komputer, adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini terdiri dari sekumpulan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa komputer ini juga bisa dibilang sebagai alat komunikasi antara programmer dengan komputer, sama halnya seperti kita yang menggunakan bahasa untuk saling berkomunikasi.

Cukup banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun, dari banyaknya bahasa, ada 5 bahasa pemrograman yang paling sering digunakan oleh para programmer. Dan berikut adalah lima bahasa pemrograman yang paling populer, simak di bawah ini.

  1. JavaScript
    Tidak heran jika JavaScript menjadi bahasa komputer yang paling populer, karena JavaScript telah mempertahankan kepopulerannya selama delapan tahun lebih. Hal ini dikarenakan JavaScript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan fungsi website, menyempurnakan tampilan website, menjalankan games berbentuk website, dan lain sebaginya. Sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan website, JavaScript sering digunakan sebagai salah satu syarat keahlian profesi Front End Developer.

  2. SQL
    Structured Query Language atau SQL adalah sebuah bahasa khusus yang digunakan sebagai alat pengolahan database dalam sebuah sistem. Karena fungsinya yang cukup berguna, tidak heran jika SQL digemari oleh para programmer.

  3. Python
    Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang sulit untuk dibaca dan dipahami, python lebih dikhususkan untuk mempermudah pembacaan kode. Oleh karena itu, python sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami dibanding bahasa pemrograman lainnya.

  4. Java
    Java merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak atau software yang menyediakan sistem untuk mengembangkan perangkat lunak dan menerapkannya dalam lingkungan komputasi lintas platform. Java sendiri sering digunakan untuk membuat aplikasi berbasis dekstop, seluler, situs website, bahkan perangkat pintar atau procecor juga dibuat dengan sistem Java.

  5. PHP
    PHP adalah sebuah bahasa pemrograman server side berbasis open source. Secara umum, PHP berfungi sebagai pengembang situs website dan membuat aplikasi untuk komputer, di seluruh dunia juga sudah banyak sekali situs website yang dibangun menggunakan PHP. Hal ini dikarenakan fleksibilatasnya yang tinggi dan para programmer juga bebas memodifikasinya.

Leave a Reply