Berapa Biaya Pembuatan Website?

Tidak sedikit orang yang bertanya berapa sih harga pembuatan website? Dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskannya untuk Anda yang bertanya tentang hal tersebut.

Sebenarnya dalam pembuatan situs website, ada banyak faktor yang harus diperhitungkan. Bukan hanya dari segi durasi pembuatannya saja, banyak hal lainnya.

Oleh karena itu, harga pembuatan website itu tidaklah sama. Semua biayanya tergantung konsep, tujuan, fungsi, dan lain sebagainya. Yang artinya, harga bisa berbeda-beda bagi setiap individunya.

Faktor Penentuan Biaya Pembuatan Website

Ketika akan menentukan biaya pembuatan website maka banyak sekali yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini kami akan membagi menjadi beberapa faktor yaitu :

Sebelum Membuat Website

Tentunya ketika Anda akan melakukan pembuatan website perlu ada beberapa hal yang dipersiapkan untuk kegiatan riset dan mengumpulkan data. Dalam kasus ini apabila diserahkan kepada Jasa Pembuatan Website maka pastinya akan dihitung juga sebagai faktor biaya. Antara lain :

  • Riset Desain
  • Riset Kata Kunci
  • Riset Keyword
  • Riset Target Market / Niche
  • Riset Kompetitor

Sebenarnya hal ini bisa Anda sebagai client atau pemilik website melakukan sendiri karena ada tools tool yang mendukung hal diatas.

Dan paling pasti adalah Anda sebagai pemilik website pastinya bisa menentukan arah dan tujuan sebenarnya kenapa perlu membuat website.

Proses Membuat Website

Setelah Anda melakukan riset diatas, maka Anda langkah selanjutnya adalah proses pembuatan website itu sendiri. Dimana ini akan berbeda jika Anda melakukan sendiri atau memberikan kepada agensi pembuatan website.

Namun setidaknya apabila melalui agensi maka berikut adalah poin yang perlu Anda perhatikan.

  • Biaya Hosting
  • Biaya Domain
  • Biaya Jasa Pembuatan Website
  • Biaya Design
  • Biaya Optimasi Loading Speed
  • Biaya Setting SEO

Dan apabila Anda membuat website E-Commerce, Online Shop atau Catalog Produk maka ada beberapa biaya tambahan yang harus Anda persiapkan yaitu

  • Biaya Upload Produk
  • Biaya Setting transaksi
  • Biaya Payment Gateway
  • Biaya CTA

Dan beberapa tambahan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam membuat website.

Setelah Membuat Website

Apakah ketika website sudah selesai tidak ada biaya lagi ? Kami rasa tidak berhenti pada situ saja. Ada beberapa biaya lainnya yang mungkin perlu Anda perhitungkan ulang yaitu :

  • Biaya Jasa Security Website
  • Biaya Jasa Maintenance Website
  • Biaya Optimasi SEO
  • Biaya Perpanjangan hosting dan domain

Dimana biaya diatas bersifat opsional yang berarti boleh Anda persiapkan atau tidak. Tergantung pada kebutuhan dan seberapa urgensi website Anda.

Biaya Pembuatan Website WordPress

Seperti yang sudah Anda ketahui, WordPress merupakan salah satu platform CMS (Content Management System) yang bisa digunakan oleh semua orang dengan gratis.

Akan tetapi, meskipun WordPress itu gratis tetap saja Anda harus menyiapkan anggaran untuk mewujudkan website idaman yang Anda inginkan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan jika ingin membuat website dengan CMS WordPress.

Hosting (20K – 140K /Bulan)

Hosting adalah tempat penyimpanan data, baik itu berupa source code, image, video atau email.

Disini Anda perlu untuk mengalokasikan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga tidak mengalami kekurangan hosting.

Pemilihan hosting selain dari kapasitas juga ada beberapa hal lain seperti lokasi audience hingga jenis hosting yang dibutuhkan apa.

Apabila anda mengalami kesulitan atau hambatan dalam menentukan hosting, maka silahkan menghubungi kami.

Domain (15K – 250K /Tahun)

Domain adalah URL atau alamat dari situs Anda. Sehingga menentukan domain itu layaknya penting.

Disini yang membedakan nama domain selain dari jumlah karakter yang dibeli. Juga dari ekstensi domain yang Anda pilih.

Domain atau alamat website termasuk ke dalam hal terpenting, karena domain merupakan alamat yang berfungsi sebagai akses bagi para pengunjung website. Itulah mengapa domain menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan untuk melakukan estimasi biaya pembuatan website.

Anda bisa membeli domain di banyak tempat, salah satunya di Dewaweb . Dewaweb menawarkan berbagai domain dengan harga bervariasi. Dan apabila Anda melakukan pembelian hosting di Dewaweb untuk paket tertentu maka sudah gratis domain senilai sampai dengan 250.000 / tahun.

Dalam pemilihan nama domain juga tidak bisa dilakukan dengan asal pilih, Anda harus memikirkan beberapa aspek yang bisa Anda lihat sebagai berikut:

  • Mudah Diketik
    Tidak mungkin bagi seorang pengunjung bisa mengakses website Anda jika mereka melakukan kesalahan dalam mengetik alamat website. Oleh karena itu buatlah nama domain yang mudah dieja sehingga orang tidak salah saat mengetiknya di browser mereka.
  • Singkat dan Mudah Diingat
    Sebenarnya, batas maksimum alamat website adalah 63 karakter. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan alamat yang panjang sesuka hati , karena tidak ada yang mau mengingat nama domain dengan 63 karakter. Jadi, buatlah nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh siapapun.
  • Pilih Ekstensi Domain yang Tepat
    Tahukah Anda bahwa masing-masing domain mempunyai tujuan penggunaannya sendiri-sendiri? Misalnya, .COM untuk umum/komersil, CO.ID untuk perusahaan di Indonesia (harus punya CV/PT), dan .NET untuk penyedia layanan internet. Jadi, pilihlah nama domain sesuai tujuan Anda membuat website tersebut.

Desain Web (Gratis – Optional)

Seperti yang Anda tahu, banyak desain dan tema gratis yang disediakan oleh WordPress meskipun dengan fitur yang terbatas. Jika Anda seorang pemula mungkin tidak terlalu berpengaruh apabila menggunakan tema yang disediakan secara gratis.

Namun, jika Anda membuat website secara serius maka dianjurkan untuk menggunakan tema berbayar karena fiturnya begitu lengkap.

Kami menyarankan untuk page builder tertentu seperti Elementor, Anda bisa menggunakan theme Hello Elementor yang satu paket dan optimal.

Plugin (Gratis – Optional)

Bisa dikatakan bahwa plugin adalah tools yang bisa menambah fitur tertentu di website Anda. Sama seperti tema, plugin di WordPress juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Itulah sebabnya, harga pembuatan website tergantung pada kebutuhan website Anda.

Untuk fitur plugin gratis sama seperti tema, yaitu terbatas dan tidak maksimal. Sedangkan untuk yang berbayar sudah dipastikan fiturnya lengkap dan maksimal saat digunakan.

Anda tak perlu menginstall semua plugin yang ada untuk mendapatkan fitur tambahan di website. Cukup install beberapa plugin terbaik saja yang memang berguna bagi website Anda.

Pengeluaran Keamanan Tambahan (Opsional)

Meskipun website sudah berhasil dirancang, tetap ada pengeluaran tambahan untuk harga pembuatan situs web yang harus Anda inginkan. Apalagi jika tujuannya untuk meningkatkan keamanan website Anda dengan signifikan. Keamanan ini juga ada beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing, yaitu sebagai berikut:

  • SSL (Gratis atau Rp115 ribu/tahun)
    SSL adalah salah satu komponen yang sebenarnya wajib di zaman sekarang. SSL bisa membuat pertukaran data di website Anda lebih aman, di mana pihak ketiga (hacker) tidak akan bisa mengakses data tersebut.
  • Perlindungan WhoIs (Rp45 ribu / tahun)
    Untuk perlindungan jenis ini melindungi semua informasi sang pemilik website atau domain. hal ini karena informasi pribadi dari pemilik website akan secara otomatis muncul di WhoIs seketika setelah Anda membeli domain tersebut. Siapa pun bisa tahu nama lengkap Anda, tempat tinggal, alamat email, dan informasi pribadi lainnya. Dengan kata lain, Anda rawan terkena spam atau serangan hacker.

Anda juga bisa menggunakan Jasa Keamanan Website kami, dimana tidak hanya berlaku untuk maintenance namun juga bisa untuk setiap case / masalah yang terjadi di Website Anda.

Biaya Pembuatan Website Jika Aspek Disatukan

Kembali lagi ke awal kata yang kami sampaikan, bahwa budget dari pembuatan website semuanya tergantung tujuan Anda dalam membuat website.

Namun, kami juga sudah memperkirakan biaya pembuatan website dari beberapa tujuan yang sering dijadika alasan.

Budget Bagi Pemula

Jika Anda masih seorang pemula yang membuat website hanya untuk kebutuhan pribadi atau untuk belajar saja, harga atau biaya yang dibutuhkan tidaklah mahal. Biasanya iaya yang dibutuhkan rata-rata berkisar Rp 27 ribu/bulan saja. memang cukup mengejutkan namun itulah faktanya.

Budget Sumber Daya Besar Tapi Tak Mampu Urus Server

Untuk kebutuhan yang satu, kami menyarankan Anda memilih paket hosting dengan harga Rp 150 ribu/bulan. Dengan harga yang jauh lebih murah itu, Anda sudah mendapatkan server fully managed yang siap menampung pengunjung dalam jumlah banyak secara sekaligus.

Budget Bagi Pro

Banyak orang berpikir jika memiliki server sendiri itu tidaklah murah, padahal faktanya server yang dikelola sendiri juga memiliki harga yang murah dengan rata-rata harga starternya berada diangka Rp 105 ribu/bulan . Dengan harga tersebut Anda sudah bisa daoat server VPS, dengan spek yang tinggi loh.

Buat Website Itu Mahal?

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah dapat jawaban mengenai estimasi harga pembuatan website? Pastinya sudah dong, ternyata harga website itu tidak mahal bukan? Jadi, buang jauh-jauh pemikiran tentang buat website itu mahal dan mulailah membuat website dengan harga yang terjangkau.

FAQ – Biaya Pembuatan Website

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Biaya Pembuatan Website Professional

  • Berapa Harga Pembuatan Website ?

    Seperti yang disampaikan pada artikel diatas, untuk harga pembuatan website itu bervariatif sesuai dengan kebutuhan dan target audience yang dibutuhkan.
    Layaknya Anda yang akan membeli mobil sebagai moda trasnportasi, maka ada banyak sekali showroom dan juga type mobil yang ditawarkan.
    Begitu pula dengan biaya pembuatan website, Harga ditentukan oleh banyak hal karena ini merupakan layanan jasa.

  • Apakah Jasa Pembuatan Website dikenakan Pajak ?

    Sebagai Wajib Pajak di Indonesia, maka seluruh layanan layanan kami dikenakan pajak PPh dan PPN.

    Dimana detailnya adalah untuk kami yang membuatkan pajak sesuai dengan PPH Pasal 23 , namun apabila Anda yang meminta jasa pembuatan website maka akan dikenakan PPN 10% seusai dengan UU No 36 tahun 2008

  • Berapa harga pembuatan landing page ?

    Untuk perihal harga pembuatan landing page, kami memiliki paket. Informasinya dapat Anda lihat di halaman Jasa Pembuatan Landing Page kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *