Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

3 Hal yang Membuat WhatsApp jadi Aplikasi Chatting Paling Populer

Penulis : Triyono

WhatsApp (WA) merupakan sebuah aplikasi chatting untuk smartphone Ios maupun Android. Aplikasi yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada 24 Februari 2009 ini mulai populer pada februari 2013 dengan pengguna aktif mencapai 200 juta. Kemudian pada September 2015, pengguna aktif aplikasi ini sudah mencapai 900 juta.

Sekarang bila kita lihat di Playstore, WhatsApp sudah diunduh lebih dari 5 milyar kali oleh pengguna smartphone. Jauh lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya yang rata-rata diunduh 500 juta kali.

Apa sih yang membuat WA begitu disukai banyak orang hingga menjadi sebuah aplikasi chatting paling populer sampai saat ini? Berikut 3 hal yang membuatnya populer.

Gratis tanpa iklan

whatsapp
photo by screenshot

Pertama, WhatsApp bisa diunduh secara gratis dan tidak memiliki iklan. Sampai saat ini kita bisa mengunduh aplikasi chatting ini di Appstore atau Playstore secara gratis.

Biasanya aplikasi chatting lain memiliki iklan di dalamnya. Iklan tersebut sering muncul saat digunakan dan sangat mengganggu para penggunanya.

Sedangkan untuk WA sendiri tidak memiliki iklan di dalamnya sehingga kita bisa menggunakannya secara leluasa tanpa terganggu.

Hemat data internet

whatsapp
photo by kompas.com

Hal kedua yang membuat aplikasi chatting satu ini disukai banyak orang adalah karena memiliki interface yang simpel sehingga dapat menghemat penggunaan data internet.

Interface yang simpel itulah yang membuat aplikasi chatting ini mudah dipahami dan dioperasikan. Dan karena itu juga aplikasi ini tidak memakan banyak data internet sehingga kita bisa menghemat biaya pengeluaran untuk membeli kuota internet.

Dengan interfacenya yang simpel, membuat aplikasi chatting ini tidak memakan banyak memori dan penyimpanan sehingga bisa digunakan dengan lancar di smartphone spesifikasi rendah.

Tersinkron dengan nomor kontak

kontak whatsapp
photo by teknosentrik.com

Ketiga, WhatsApp bisa langsung tersinkron dengan nomor di kontak kita. Berbeda dengan aplikasi chatting lain yang harus menggunakan PIN atau user id untuk menambah teman.

Hanya cukup dengan menyimpan nomor teman kita di kontak, secara otomatis WhatsApp akan menyinkronkan nomor yang ada di kontak tersebut.

Jadi setiap nomor di kontak kita yang sudah terdaftar dengan WA akan secara otomatis tersinkron ke dalam akun WA kita.

Misalnya kita baru saja berkenalan dengan seseorang dan bertukar nomor kontak. Bila orang tersebut memiliki WA dan kita ingin mengirim pesan, kita cukup menyimpan nomornya ke dalam kontak lalu WhatsApp akan menyinkronkan nomor tersebut ke dalam akun WhatsApp kita.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa WhatsApp merupakan sebuah aplikasi chatting yang ringan, hemat, dan mudah dioperasikan.

Itulah mengapa WA disukai banyak pengguna dan menjadi sebuah aplikasi chatting paling populer dan banyak digunakan sampai saat ini.

whatsapp
photo by gentooz.com

Namun, masih ada banyak aplikasi chatting yang tak kalah dengan WhatsApp. Contohnya adalah Telegram, Line, Messenger, Snapchat dan lain sebagainya. Jadi, kamu pakai aplikasi chatting yang mana saja nih?

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *