Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website?

Penulis : UmarFaruq

Bicara tentang membuat website? Dimana topik yang kini paling banyak dicari pada mesin pencarian, tidak lain adalah mengenai website. Karena banyak sekali para pembisnis yang telah menggunakan website sebagai salah satu media, yang gunanya tersebut untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Website tersebut merupakan media promosi yang sangat efektif. Karena website dapat mempromosikan suatu bisnis selama 24 jam. Lain dari itu, website tersebut dapat di akses dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun.

Website juga dapat membantu meningkatkan sebuah kredibilitas, serta dapat mencapai sebuah target pasar yang lebih luas. Website juga dianggap lebih murah, dibandingkan Anda harus membangun sebuah toko offline.

Belum lagi Anda juga harus membayar karyawan yang bekerja di toko Anda. Tentu saja sangat berbeda kalau Anda membuat sebuah website, Anda dapat mengelolanya sendiri, bahkan bisa dari rumah. Nah dalam pembuatan website tersebut, ada beberapa hal yang Anda butuhkan. Apa saja?

Beberapa Konten yang Dibutuhkan dalam Membuat Website.

1. Menentukan Jenis Website

Dalam membuat website Anda membutuhkan beberapa hal, yakni menentukan jenis website apa yang akan Anda buat. Website tersebut memiliki beberapa jenis, seperti website perusahaan, website sekolah, website toko online, website pribadi dan masih banyak lainnya.

Terdapat banyak sekali jenis-jenis website, Anda tinggal menentukan jenis website apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya jika Anda ingin menawarkan sebuah produk yang beragam, Maka Anda dapat membuat jenis website toko online.

2. Niche Website

Berikutnya, Anda juga harus menentukan sebuah niche. Niche sendiri merupakan sebuah topik yang akan dibahas pada bloq atau dalam website. Misalnya seperti teknologi, fashion, kuliner dan lain sebagainya. Kalau website Anda tersebut bergerak pada bidang fashion, maka niche dari website Anda adalah Fashion.

Dengan adanya sebuah niche website ini, dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah konten dengan satu topik secara konsisten. Anda juga akan dikenal sebagai ahli terhadap bidang tertentu, yang mana akan berdampak baik kepada bisnis Anda.

3. Nama Domain

Dalam membuat website, yang Anda perlukan selanjudnya yakni, membuat nama domain. Domain sendiri merupakan sebuah nama yang digunakan sebagai alamat website atau untuk mengidentifikasi terhadap website di internet. Misalnya “Gema” mempunyai sebuah website untuk mempromosikan bisnisnya, maka dia memiliki sebuah nama domain ( https://gema.com/.

Pastikan nama domain Anda tersebut bagus, yang mudah diingat, menarik, unik, dan tidak terlalu panjang, sekiranya mudah untuk dicari pada mesin pencarian. Dari nama domain yang bagus tersebut, pastinya akan menjadi suatu keunggulan terhadap website Anda.

Berikut kami cantumkan beberapa tips dalam membuat nama domain:

  • Buatlah nama domain yang sesuai dengan nama brand.
  • Buatlah nama domain yang cocok dengan niche website.
  • Buatlah nama domain yang mengandung “keyword” kata kunci yang Anda gunakan.
  • Hindari penggunaan kata berupa simbol, angka dan hyphens.
  • Gunakanlah “extension domain” yang tepat dan sesuai. Misalnya .com, .org, .id, .sch.id, .my.id dan lainnya.

4. Hosting

Hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan file, vidio, gambar, audio dan juga data website yang dapat diakses dengan internet. Hosting tersebut dapat disewa secara bulanan dan juga dapat disewa secara tahunan. Untuk biaya sewanya tersebut tergantung dari kapasitasnya.

Semakin besar kapasitas tersebut, maka semakin banyak pula file-file website yang dapat tersimpan, dan begitu pula untuk biayanya semakin tinggi. Selain kapasitas tersebut, ada juga yang menentukan dari harga sewa hosting yakni, “bandwidth“. Terdapat tiga jenis hosting yang dapat Anda pergunakan, yakni Cloud, VPS dan Shere hosting.

5. Platform Website

Setelah Anda mempunyai hosting dan juga domain, Anda juga harus menentukan sebuah platform membuat website yang akan Anda pergunakan, yakni dengan menggunakan Content Management Syistem (CMS), kode pemrograman manual, atau dengan website builder.

CMS sendiri merupakan sebuah platform yang dipergunakan dalam pembuatan konten secara digital. Dengan melalui platform ini Anda dapat membuat website dengan mudah dan cepat. Anda tidak harus bisa bahasa pemrograman, tidak perlu memahami coding secara mendalam. Ada beberapa jenis CMS yang dapat Anda pergunakan, seperti WordPress, Shopify, Joomla, Drupal, dan Magento.

6. Desain

Desain merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam membuat website. Dari desain website tersebut akan menggambarkan sebuah karakteristik dari brand dan juga memberikan sebuah kesan dari brand terhadap para pengunjung website.

Dengan desain website yang menarik akan memberikan kesan tampilan yang sangat nyaman bagi para pengunjung ketika berada di website Anda, juga akan membuat mereka betah, dan berlama-lama di website Anda. Maka dari itu, sebelum Anda membuat website, Anda perlu membuat sebuah rancangan desain yang baik.

7. Konten

Para pengunjung akan mengenal website atau bisnis melalui sebuah konten yang Anda tampilkan dalam website Anda. Sehingga konten apa saja yang Anda buat akan menjadi sebuah informasi yang sangat penting bagi mereka para pengunjung website Anda.

Maka dari itu, sebelum Anda membuat website Anda juga harus membuat rancangan konten, seperti konten vidio, konten teks, gambar ataupun audio. Adapun konten yang Anda buat tersebut harus berkualitas, supaya menjadi daya tarik terhadap para pengunjung, dan pastinya mereka akan melakukan pembelian.

8. Protokol HTTPS

HTTPS merupakan sebuah protokol keamaman website yang menggunakan sebuah SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Adapun SSL atau TLS tersebut, menjadi sebuah hal yang terkait dengan keamanan privasi data sebuah website. Seperti informasi pembayaran, informasi pribadi, password dan lain-lain.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *