Apa Itu Algoritma Google RankBrain?

Algoritma Google RankBrain dirilis pada tanggal 26 Oktober 2015 yang tujuan utamanya yakni, terkait dengan kekurangan fitur pendukung query yang spesifik, konten-konten yang sedikit, dan user experience yang buruk.

Agar Anda memahami apa itu WordPress dan cara membuat website melalui WordPress, kami akan membahas mengenai makna dari kueri serta menyajikan hasil pencarian paling sesuai dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Sebagai contoh, jika dulu kita ketika menulis SEO (Search Engine Optimization) di mesin pencari, maka yang akan muncul hanyalah website yang mengandung kata kunci tersebut.

Akan tetapi beda lagi jika di era RankBrain ini, dengan kata kunci yang sama Google akan menampilkan website dengan kata kunci yang berbeda namun masih keterkaitan dengan apa yang Anda telusuri.

Bagaimana Cara Kerja RankBrain

Ada dua peran utama sebelum memahami bagaimana cara kerja algoritma Google RankBrain, yaitu :

  1. Harus memahami dalam penggunakan kata kunci (Search Query)
  2. Menganalisis kepuasan dari pencari kata kunci ketika website hasil pencarian tersebut dibuka

Peran pertama adalah memahami dari kata kunci. Google RankBrain mencantumkan hasil dari pencarian yang tidak hanya sesuai dengan apa yang kita cari, melainkan juga mencantumkan dengan kata kunci alternatif lainnya yang masih sesuai dengan apa yang kita cari.

Contoh: Sudah kami tulis pada mesin pencari dengan kata kunci SEO (Search Engine Optimization). Setelah melampirkan hasil pencarian tugas algoritma Google RankBrain masih belum selesai.

Akan tetapi tugas berikutnya adalah melakukan penilaian kepuasan pengguna kepada situs web yang muncul dihalaman pencarian. Sehingga pada bagian ini algoritma Google RankBrain sudah masuk ke peran yang kedua.

Jika pengguna sudah puas dengan hasil yang ditawarkan oleh Google, maka situs web tersebut akan menempati urusan teratas pada pencarian Google.

Namun sebaliknya, jika pengguna tidak puasa dengan halaman yang sudah ditawarkan, maka Google akan mempertimbangkan situs web tersebut akan turun peringkat, bahkan tidak akan tampil pada halaman mesin pencari.

Cara Agar Lolos RankBrain :

Pastikan terlebih dahulu bahwa halaman situs website Anda ditampilkan dan dimuat dengan cepat. Jika tidak, pengunjung akan keluar dari halaman situs web Anda dan pastinya sangat berpengaruh terhadap rank Anda.

Jika website Anda memiliki trafik tinggi, Anda perlu memastikan situs website yang Anda miliki tersebut tidak lambat dan terhindar dari crash. Lain daripada itu, fokus dalam menghasilkan sebuah konten yang informatif dan berkualitas serta menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *