9 Manfaat Website Untuk Perusahaan

Website adalah sebuah alat yang seringkali dipergunakan sebagai media promosi. Dimana website merupakan media promosi yang masih dan berdampak besar kepada usaha, Namun mengetahui manfaat website untuk perusahaan ?

Pada zaman yang serba digital ini banyak sekali yang memperoleh informasi dari mesin pencarian seperti google. Dimana informasi itu bisa didapatkan dari sosial media namun yang paling banyak didapatkan dari sebuah website.

Mengapa harus Website ?

Menurutt laporan dari Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) tahun 2022 bahwasanya jumlah Penduduk Indonesia yang sudah terhubung dengan internet pada kurun waktu 2021 – 2022 mencapai 210 juta orang

Dimana lebih lengkapnya lagi, mereka melakukan beberapa akses dengan detail sebagai berikut :

AksesProsentase
Sosial Media98.02 %
Layanan Publik84.90 %
Transaksi Online79.00 %
WFH atau Sekolah Daring90,21 %
Berita / Informasi92.21 %
Konten Hiburan77.25 %
Layanan Keuangan72.32 %
Transportasi Online76.47 %
Email 80.75 %
Sumber : Laporan Profil Internet Indonesia 2022

Dari data diatas, maka bisa diketahui bahwasanya banyak sekali potensi bagi Anda yang memaksimalkan ingin manfaat website untuk perusahaan.

Terutama untuk Anda yang sedang ingin ekspansi ke target market yang lebih luas dikarenakan dengan digital marketing Anda tidak akan terhambat oleh jarak dan waktu .

Bicara mengenai UKM di Indonesia, saat ini sudah semakin banyak pengusaha yang mulai fokus memahami internet marketing, salah satunya pemasaran dengan memanfaatkan situs website.

Tahun-tahun yang lalu masih banyak yang berfikir bahwa membuat website hanya akan menambah pengeluaran saja, namun apakah tahun ini akan sama ?

Akan tetapi kenyataannya, perkembangan digital kini semakin pesat, dan kita dipaksa mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Adanya website menjadi hal yang wajib jika Anda ingin mengembangkan usaha atau jasa yang Anda memiliki menjadi lebih besar.

Manfaat Website Untuk Perusahaan

Pada tahun ini, sudah saatnya bagi perusahaan atau lini bisnis untuk memiliki sebuah situs website

Jika dinilai dari efektifitas dan ekonomis pada akuntansi perusahaan, maka website bisa menggantikan beberapa divisi atau teamwork.

Berikut adalah beberapa manfaat website untuk perusahaan sesuai dengan pengalaman kami :

Mempermudah dalam Menjual Produk dan Layanan

Pertama website dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjual produk atau layanan yang Anda miliki secara langsung dan memungkinkan pengunjung langsung membeli produk atau layanan Anda secara online.

Dengan berbagai fitur tambahan seperti stok barang, foto produk, pembayaran online, hingga menghitung secara otomatis untuk ongkos kirim maka Anda akan memiliki kemudahan dalam menjalankan usaha Anda.

Selain itu untuk layanan jasa juga dapat menggunakan fitur fitur seperti CTA dan juga Chat yang memberikan kemudahan dalam penjualan jasa yang Anda miliki.

Menjadi Sumber Informasi Lengkap

Informasi mengenai perusahaan tentunya tidak dapat dipisahkan dari company profile atau profil perusahaan.

Anda tak perlu khawatir dalam menjelaskan bisnis Anda secara lisan kepada semua client Anda.

Cukup dengan menelusuri situs web yang Anda miliki tersebut, maka clien Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai bisnis yang Anda miliki. Mulai dari lokasi Anda, produk Anda, bisnis Anda, visi-misi Anda serta semua sejarah mengenai perusahaan Anda.

Selain itu juga informasi mengenai produk atau kantor Anda juga dapat disampaikan di dalam website Anda.

Ingat ! Website adalah media informasi yang disajikan secara digital kepada Anda. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan perkembangan terbaru mengenai usaha Anda.

Menjadi Alat Edukasi yang Dibutuhkan Pengunjung

Dalam beberapa kasus, banyak sekali situs-situs website yang tak hanya menawarkan informasi atau platform perdagangan online, akan tetapi juga blog berisi artikel edukasi yang terkait dengan bisnis Anda kepada masyarakat luas.

Anda juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan lalu lintas ke situs website Anda.

Jika bicara mengenai alat edukasi, maka juga website juga dapat difungsikan sebagai forum atau kelas online yang dibagikan kepada segmen edukasi.

Menjadi Alat Pemasaran

Jika Anda mempunyai produk atau layanan yang Anda pasarkan di Internet, Anda harus mempunyai situs website. Adapun fungsi dari website sendiri

Disini Website sebagai sarana dalam memperkenalkan produk-produk Anda langsung ke internet.

Dengan banyaknya para pengguna internet, Anda juga memilki peluang dalam mendapatkan calon pembeli dalam jumlah yang banyak. Tentunya tidak dibatasi oleh jarak dan waktu untuk akses kepada situs website Anda.

Inilah yang sering menjadi alasan utama manfaat website untuk perusahaan pada zaman digital seperti sekarang ini.

Meningkatkan Pelayanan Perusahaan Kepada Pelanggan

Data pelanggan sangat penting bagi perusahaan.

Dengan bantuan website, Anda bisa memudahkan customer service dalam mendapatkan data-data pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan.

Tentunya beberapa fitur seperti form, aplikasi live chat dan lainnya yang dibutuhkan website akan semakin mempermudah pekerjaan Anda.

Memperbarui Informasi Dengan Mudah

Keuntungan mempunyai website selanjudnya adalah membantu bisnis Anda dengan mudah dalam memperbarui informasi terbaru.

Seperti berita terbaru, jadwal kegiatan, dan lain sebagainya, dengan sebuah website, konsumen dan calon pelanggan selalu dapat mengetahui perkembangan terkini dari bisnis Anda, meski jaraknya sangat jauh.

Lain daripada itu, konsumen sering kali lebih memilih untuk berinteraksi dengan layanan pelanggan perusahaan melalui situs web karena kemudahannya.

Mendapatkan Pelanggan dengan Jangkauan yang Lebih Luas

Website merupakan salah satu platform penting dalam dunia digital marketing.

Kemudahan dalam mencari informasi perusahaan dan langsung membuka website merupakan salah satu cara dalam strategi pemasaran digital marketing untuk melibatkan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.

Bahkan, Anda tidak hanya menarik pelanggan, tapi juga dapat menarik siapa saja.

Pada saat ini saja Anda sudah dapat menggunakan google untuk mempopulerkan brand atau produk perusahaan Anda lewat SEO atau optimasi mesin pencari website dan blog perusahaan yang Anda miliki.

Meningkatkan Visibilitas dan Kredibilitas

Dengan memiliki situs website sendiri, secara otomatis perusahaan yang Anda miliki tersebut bisa dengan mudah ditemukan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Di era digital seperti saat ini, semua perusahaan-perusahaan besar maupun kecil rata-rata memiliki website berupa company profile.

Dimana memiliki website merupakan salah satu bukti bahwa bisnis Anda dapat dipercaya.

Secara otomatis, reputasi bisnis Anda juga akan meningkat. Terlebih saat ini sudah menjamur jasa pembuatan website yang murah dan profesional. Biaya pembuatannya pun juga tidak mahal, hanya sekitar 150 ribuan untuk membeli domain, dan mulai dari 50 ribu perbulan untuk hostingnya.

Mengembangkan Brand

Website bisnis memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan pengakuan mereknya dengan menciptakan pengalaman yang konsisten untuk pelanggan.

Ini juga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas merek dengan mengintegrasikan desain dan warna merek dalam situs web mereka.

Tentunya dengan memiliki website ini merupakan pengingat terhadap pengunjung website tentang Brand dari produk / layanan Anda.

Itulah beberapa manfaat website untuk perusahaan, sehingga sangat jelas bahwa sebuah perusahaan atau bisnis di era yang serba digital seperti sekarang sangat membutuhkan website sebagai medianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *