7 Media Sosial yang Banyak digunakan Orang Indonesia

Penulis : Triyono

DApanel.id – Saat ini media sosial telah berkembang semakin pesat dan bahkan peran teknologi sudah tidak bisa lepas dari setiap kehidupan manusia.

Berdasarkan hasil riset data dan studi yang dilakukan oleh We Are Social pada tahun 2019, ada sekitar 150 juta orang Indonesia sudah menggunakan sosial media.

Dari data tersebut bisa diartikan bahwa sekitar 57% dari seluruh penduduk Indonesia sudah menggunakan berbagai media sosial. Berikut ini 7 media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.

YouTube

media sosial
photo by digitalinformationworld.com

Urutan pertama diduduki oleh YouTube. YouTube sendiri memungkinkan para penggunanya untuk melihat, membuat, mengirim dan berbagi video.

Berdasarkan hasil data yang dihimpun oleh We Are Social, sudah ada sekitar 88% orang Indonesia telah menggunakan Youtube.

Artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di indonesia, ada sekitar 132 juta orang sudah menggunakan Youtube.

WhatsApp

media sosial
photo by inet.detik.com

Urutan kedua adalah WhatsApp. Whatsapp atau lebih dikenal dengan sebutan WA ini merupakan sosial media chatting tanpa biaya dan hanya menggunakan koneksi internet saja.

Dari data yang dihimpun We Are Social, ada sekitar 83% orang indonesia telah menggunakan whatsapp. Artinya, dari 150 juta pengguna sosial media di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.

Facebook

media sosial
photo by bbc.com

Urutan ketiga diduduki oleh Facebook. Facebook sendiri merupakan aplikasi media sosial yang bisa dikatakan paling lengkap.

Hal itu karena kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, berbagi cerita, berjualan, berbagi video, membuat suatu grup atau perkumpulan, membuat jadwal bersama, dan sebagainya.

Instagram

media sosial
photo by businessinsider.in

Keempat adalah Instagram. Instagram atau yang lebih dikenal dengan sebutan IG ini merupakan media sosial yang memungkinkan bagi penggunanya untuk berbagi foto, video dan membuat cerita singkat pada fitur stories.

Dari data yang dihimpun We Are Social, ada 80% orang Indonesia sudah menggunakan Instagram. Yang artinya, ada sekitar 120 juta orang dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia sudah menggunakan Instagram.

TikTok

tiktok
photo by kotimikro.fi

Selanjutnya adalah TikTok. Alikasi yang dikembangkan oleh perusahaan ByteDance yang bermarkas di China ini pertama kali diluncurkan pada 2016.

Tiktok merupakan layanan jejaring sosial yang di mana si pengguna bisa berbagi video berdurasi pendek maupun panjang dengan menampilkan musik sebagai latar belakangnya.

Selain itu si pengguna juga bisa mengedit videonya seperti diperlambat, dipercepat, ataupun ditambah filter baru.

Sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 500 juta orang, TikTok tidak hanya bisa digunakan untuk membuat video pribadi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk duet dengan teman agar video jadi lebih menarik.

Line

line
photo by newtalk.tw

Berikutnya adalah Line, sebuah media sosial asli Jepang yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Selain itu Line juga bisa digunakan untuk membuat sebuah grup atau perkumpulan, menyimpan gambar dan video, serta adanya fitur stiker pada aplikasi yang membuatnya semakin diminati.

Twitter

twitter
photo by businessinsider.mx

Urutan ketujuh diduduki oleh Twitter, sebuah media sosial yang memungkinkan para penggunanya bisa mengirim dan membaca pesan teks hingga 200 karakter atau yang lebih sering disebut dengan kicauan atau tweet.

Dari data yang dihimpun We Are Social, ada sekitar 2% orang Indonesia sudah menggunakan Twitter. Yang artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 78 juta orang sudah menggunakan Twitter.

Itu tadi 7 media sosial yang paling sering dan banyak digunakan oleh orang Indonesia. Dari ketujuh aplikasi diatas, mana yang paling sering kalian gunakan?

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *