5 Website yang Sering Dibuka SEO Specialist

Bagikan informasi ini

Website merupakan salah satu platform yang kini penggunaannya meningkat semenjak dunia berubah serba digital. Banyak para individu membuat website untuk keperluan pribadi atau bisnis mereka. Bagi suatu bisnis, terdapat banyak sekali manfaat yang mendasari pentingnya website untuk bisnis.

Maka dari itu, tak heran jika semua orang ingin sekali memiliki website pribadi. Karna dari hal tersebut mereka dapat berbisnis dengan online, sejalan dengan era yang serba digital seperti pada saat ini.

Lalu, Apa Pentingnya Website untuk Bisnis?

Meskipun hanya berupa halaman website yang berisi informasi, Ternyata website bemanfaat dan memiliki peran penting dalam dunia bisnis, khususnya sebagai salah satu platform pemasaran digital. Namun dalam pelaku bisnis digital akan terasa kurang jika tak ada yang bisa mengoptimalkan website tersbut.

Anda juga membutuhkan seseorang yang ahli dalam mengelola website tersebut, salah satunya SEO Specialist. Dengan adanya SEO Specialist tersebut website Anda akan sangat terbantu dalam pemasaran atau trending. Halaman website Anda akan gampang ditemukan oleh para pengunjung.

Apa itu SEO Specialist?

SEO specialist, biasa disebut dengan istilah SEO executive, SEO analyst, atau SEO strategist. Istilah-istilah tesebut bisa berbeda-beda tergantung dari perusahaannya masing-masing, namun yang paling mudah kita sebut yakni praktisi SEO yakni, seseorang yang berperan sebagai pelaku dalam optimasi suatu website dari berbagai sisi.

Fungsinya tersebut agar bisa mendapatkan lebih banyak traffic dari search engine dalam mencapai tujuan bisnis website tersebut. Kali ini kami akan mengulas, website apa saja yang sering dibuka oleh SEO Specialist. Simak ulasannya!

Google Search Central

Google Search Central merupakan suatu tempat, yang mana Anda bisa mempelajari SEO secara langsung dari Google. Dari sini Anda juga akan mendapatkan berita-berita terbaru mengenai perkembangan Google Search.

Apakah Google Search Central Cocok untuk Pemula?

Tentu saja cocok, karena materi yang disajikan sengaja dibuat agar dapat dikonsumsi oleh para SEO pemula atau SEO yang sudah profesional.

Apakah Materi yang Disediakan Itu Berbayar?

Semua panduan SEO yang ada dalam platform ini tersedia secara gratis. Sehingga siapapun dapat menggunakannya dengan bebas tanpa dikenakan biaya sedikitpun.

Dokumentasi Google Search Central

Konten utama yang dapat Anda akses adalah dokumentasi. Adapun konten dokumentasi yang sudah disediakan oleh Google tersebut terbagi menjadi dua jenis yakni.

Konten utama yang dapat anda akses adalah dokumentasi. Konten dokumentasi yang disediakan oleh Google ini terbagi atas dua jenis yaitu :

1.Pemula

Dokumentasi jenis ini lebih diperuntukan terhadap pemula. Jika Anda seseorang pemilik bisnis atau hanya sekedar pemasaran, maka ini merupakan konten yang sangat tepat untuk Anda. Google sudah menyediakan panduan khusus yang akan membantu Anda dalam memahami berbagai hal mendasar terhadap materi SEO. Berikut kami cantumkan beberapa materi yang akan Anda dapatkan:

  • Bagaimana search engine itu bekerja
  • Panduan dasar SEO
  • Apakah anda memerlukan bantuan pakar SEO
  • bagaimana memberitahu Google mengenai detail bisnis Anda
  • Serta dasar-dasar Search Console
Artikel Terkait :   Google Search Central, Tempat Belajar SEO Langsung dari Google

2.Advanced

Dokumentasi yang satu ini di khususkan kepada seseorang yang sudah mahir dalam SEO. Jika Anda merupakan seseorang SEO profesional maka konten ini sangat cocok untuk Anda. Berikut kami cantumkan beberapa materi yang akan Anda dapatkan.

  • Berikut ini beberapa materi yang akan anda dapatkan.
  • Panduan SEO untuk developer
  • Panduan tingkat lanjut Search Console
  • Pedoman SEO (yang boleh dan yang tidak boleh)
  • Bagaimana mengontrol proses crawl dan indexing
  • Bagaimana mengubah tampilan pencarian
  • Bagaimana mengoptimasi page experience
  • Cara menggunakan Search API

Google Analytics


Google Analytics merupakan Layanan Analisa Web atau Platform apapun yang terhubung online yang diberikan secara gratis oleh Google. Google Analytics merupakan bagian dari Google Marketing Platform dan terdapat juga versi berbayarnya yakni Google Analytics 360.

Manfaat Google Analytics?

  • Membantu pelaporan kegiatan pemasaran online anda dalam satu platform
  • Membantu mengenal perilaku pelanggan berbasis data
  • Mencari wawasan baru dalam bisnis anda berdasarkan data aktual

Adapun pembahasan mengenai Google Analytics begitu besar dan dalam. Kami akan mengulas gambaran paling inti dari adanya Google Analytics tersebut, agar supaya bermanfaat untuk semua pengunjung. Berikut kami cantumkan 5 laporan dasar dalam Google Analitycs.

5 Tipe Laporan Dasar Google Analytics

Google analytic merupakan laporan situs Anda dalam berbagai sudut pandang. Adapun masing-masing sudut pandang laporan tersebut adalah:

  • Laporan Akuisisi Pengunjung (Acquisition)
  • Laporan Perilaku Pengunjung (Behavior)
  • Laporan Konversi (Conversions)
  • Laporan Pengunjung (Audience Report)

Google Analytics lebih daripada laporan dasar situs

Jika laporan yang sudah kami lampirkan di atas belum memuaskan Anda, jangan khawatir karna platform ini memungkinkan Anda dalam melakukan lebih banyak hal lagi:

  • Membuat laporan berdasarkan segmen tertentu: Misal laporan dari pengunjung SEO saja atau laporan dari pengunjung di kota Jakarta saja
  • Membuat laporan turunan baru dari laporan dasar: Laporan dasar yang dibagikan diatas masih bisa di kombinasikan lagi.
  • Melacak dampak kampanye offline: pada situs
  • Membuat pengelompokan: isi situs
  • Membuat group pengunjung: (untuk datanya digunakan oleh Google Ads)

Hal tersebut umum yang sering dilakukan yang pada dasarnya masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan.

Google Search Console

Google Search Console merupakan suatu layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk membantu pemilik situs website dalam memantau kinerja situs website secara keseluruhan yang terkait dengan pencarian Google. Terdapat beberapa fitur penting yang tersedia seperti permintaan indexing untuk halaman update.

pemantauan indexing dan crawling, overview perfoma pencarian, identifikasi dan perbaikan eror, review link internal dan eksternal.

Google search Console yang sebelumnya bernama Google Webmaster Tools ini digunakan untuk membantu meningkatkan sebuah situs pengguna dan menghasilkan lebih banyak traffic. Tak hanya itu saja, namun ada juga peringatan keamanan seperti kerentanan peretasan.

Artikel Terkait :   8 Algoritma Google, Yang Perlu Anda Ketahui

Cara mendaftarkan website ke Google Search Console

Ketika hendak menggunakan Google Search Console, Anda perlu mendaftarkan website yang Anda miliki tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Akses Google Search Console tersebut, lalu klik tulisan “Mulai Sekarang”
  • Kemudian login dengan akun Gmail yang tercantum dengan domain website Anda
  • Klik “Add a Property”
  • Lanjut memilih website dari menu drop-down kemudian masukkan URL situs Anda, kemudian klik “Continue”
  • Kemudian Anda dapat memilih cara untuk melakukan verifikasi (HTML file upload, nama domain provider, HTML tag, GA tracking code atau GTM container snippet).
  • Google akan memulai tracking data setelah propertimu sudah terkait dengan GSC.

Ada 4 Fungsi utama Google Search Console

Terdapat empat fungsi dalam Google Search Console, antara lain sebagai beriku:

  1. Performance report
  2. Performance report dimensions
  3. Search console page experience report
  4. Rich result status report

Google Developers

Google Developers merupakan sebuah situs Google yang fungsinya sebagai alat dan platform pengembangan perangkat lunak, antar muka pemrograman aplikasi, serta sumber daya teknis. Situs yang satu ini berisi dokumentasi mengenai penggunaan alat dan API pengembang Google-termasuk grup diskusi dan blog untuk pengembang yang menggunakan produk pengembang Google.

Developer sendiri bisa dianggap sebagai istilah kapten dalam proyek pembangunan sistem. Dari sini sudah jelas bahwa tanggung jawab seorang developer jauh lebih besar daripada pekerjaan di bidang IT lainnya. Seorang developer harus mengetahui secara detail pengerjaan proyek, mulai dari rencana, ide, kode, peralatan, bahasa pemrograman, dan sebagainya.

Ketika proses pembuatan sistem tersebut selesai, developer harus menginspeksi kekurangannya supaya bisa dikembangkan menjadi lebih baik. Sistem yang dikerjakan oleh seorang developer tentu saja berbeda-beda, contoh: Website developer mempunyai tanggung jawab penuh dalam pembangunan situs website, Software developer mengerjakan sistem untuk perangkat lunak dan lain masih banyak lainnya.

Apapun bidangnya, mereka harus menerapkan prinsip-prinsip implementasi software dan website tersebut, yakni maintainability (pemeliharaan), skalabilitas, keamanan, desain, dan ketahanan sistemnya.

Apa Saja Tugas Seorang Developer?

Developer terbagi menjadi tiga bagian, yakni (Front-end, Back-end, dan Full-stack) Adapun ketiga bagian tersebut memiliki tugas yang berbeda dalam mengembangkan sebuah sistem software atau aplikasi. Berikut kami berikan rintitan tugas-tugas dari developer:

  • Front-end Developer :
    Front-end developer harus memastikan desain aplikasi, software atau web, apakah sudah bagus dan berfungsi. Lain daripada itu, mereka juga harus menerjemahkan sebuah konsep sistem yang akan dibangun ke dalam bahasa pemrograman, antara lain yang harus dikuasi front-end developer dalam bahasa pemrograman yakni, HTML, CSS, dan Javascript
  • Back-end Developer:
    Back-end developer lebih mengurus struktur, keamanan, dan database dalam website. Mereka juga harus memastikan sinkronisasi data antara server dan website berjalan cukup baik. Adapun dalam pengerjaan ini, tentunya membutuhkan keahlian pada bidang framework, manajemen API, dan pengelolaan database.
  • Full-stack Developer:
    Pekerjaan yang satu ini merupakan kombinasi antara front-end dan back-end developer. Yang artinya, full-stack developer harus mengerjakan seluruh job description dan memiliki skil yang lebih luas. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini, karena mereka lebih kompeten sekaligus menghindari anggaran besar dalam proses pembuatannya.
Artikel Terkait :   Langkah Optimasi SEO Website UMKM

Microsoft Clarity

Menurut situs resmi Microsoft, Clarity adalah adalah alat analisis perilaku pengguna gratis yang membantu Anda dalam memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs website yang Anda miliki dengan melalui pemutaran ulang sesi dan peta panas.

Microsoft Clarity merupakan sebuah projek webmaster atau pendukung Bing Webmaster untuk melakukan beberapa transaksi dan rekam visitor khusus. Artinya Microsoft Clarity bisa melakukan tracking secara keseluruhan terhadap situs website seperti contoh:

  • Tolak Klik
  • Lama sesi visitor “session”
  • Kedalaman scroll halaman
  • Engagment antar halaman website
  • Behavior visitor
  • Bounce Rate.

Hampir sama dengan Google Analitytics, Pada Microsoft Clarity juga merekam browser pengguna, country region dan location. Bahkan dengan mudahnya Anda bisa mengetahui macam-macam device yang dipakai oleh visitor suatu website.

Fitur Recording Microsoft Clarity

Terdapat Hal unik dan keren dari Microsoft Clarity, yakni fitur Recording per visitor. Setiap sesi aktivitas pengunjung akan direkam oleh Microsoft Clarity secara menyeluruh, yakni dari jumlah halaman yang diakses sampai waktu lama sesi dalam sebuah halaman.

Lain daripada itu, Anda juga bisa melihat statistik total klik, jenis device pengguna, loncatan dan region, operating syistem pengguna. Bahkan sampai relasi setiap halaman yang dikunjungi terlihat jelas pada panel ini.

Namun ada yang lebih unik lagi, yakni Anda bisa memutar setiap sesi recording seperti halnya menonton vidio. Dengan begitu Anda benar-benar merasakan menjadi pengunjung situs website. Anda bisa mengetahui semua yang dikerjakan “klik atau scroll” oleh visitor selama berada pada situs website yang Anda miliki.

Fitur Heatmap Microsoft Clarity

Ada lagi yang menarik daripada Microsoft Clarity yakni, terdapat fitur Heatmap. Heatmap sendiri merupakan teknik untuk mengetahui perilaku pengunjung situs website dengan menyediakan data yang berupa statistik.

Jadi, Anda akan mengetahui secara pasti area mana saja yang sering diklik oleh visitor dan sejauh mana visitor melakukan scroll halaman situs website Anda. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan area tersebut misalnya untuk memasang iklan dan sebagainya. Adapun fitur Heatmap Microsoft Clarity juga dilengkapi dengan mode view seperti desktop, mobile dan smartphone “dynamic

itulah pembahasan lima website yang sering dibuka SEO Specialist yang bisa kami sampaikan, semoga setelah Anda mempelajari prihal ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan Anda serta semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply