5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Kecanduan Media Sosial

Penulis : Triyono

Di era digital seperti saat ini memang tidak heran kalau media sosial atau yang sering disebut medsos menjadi bagian dari kehidupan kita. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sudah menggunakannya.

Media sosial dijuluki sebagai pisau bermata dua, yang mana hal tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Mulai dari mencari dan menjaga pertemanan, mencari barang dan mencari pekerjaan.

Namun, disisi lain medsos juga dapat menimbulkan kecanduan yang bisa menggangu kesehatan fisik dan mental penggunanya.

Lalu seperti apa sih tanda kecanduan medsos itu? Berikut ini lima tanda kalau kamu sudah kecanduan media sosial.

Ponsel jadi hal pertama dan terakhir yang kamu lihat

lihat ponsel
photo by kompas.com

Bagi kamu mungkin terlihat normal jika hal terakhir sebelum tidur atau hal pertama saat bangun tidur adalah memeriksa ponsel.

Tapi, pernah gak sih kamu menghitung berapa banyak waktu yang sudah kamu habiskan hanya untuk sekadar melihat lini medsos seperti Instagram atau Facebook?

Bahkan banyak sekali orang yang tertidur saat bermain medsos dan mereka juga mengulangi hal yang sama di pagi harinya saat bangun. Jika kamu pernah melakukan hal tersebut berarti kamu sudah kecanduan media sosial.

Suka menunda-nunda

perilaku menunda pekerjaan
photo by ketik.unpad.ac.id

Di dalam medsos, kamu akan menemukan banyak sekali hal yang dapat membuatmu kehilangan banyak waktu dan akhirnya kamu akan menunda pekerjaan hingga terbengkalai.

Segera mengecek ponsel saat ada notif

notif
photo by medium.com

Notifikasi ponsel ternyata memiliki efek dopamin atau zat kimia yang bisa memberi efek bahagia terhadap otak. Jadi ketika mendengar bunyi notifikasi ponsel, banyak orang merasa sedang mendapatkan hadiah.

Menurut beberapa penelitian, dopamin menjadi unsur utama dalam kebanyakan kasus kecanduan. Sekalinya jatuh di dalamnya, siklus tersebut akan terus berlanjut.

Memeriksa notifikasi medsos secara terus-menerus juga termasuki salah satu pemicu kecanduan seseorang terhadap medsos.

Media sosial jadi sumber berita utama

sumber berita
photo by twitter.com

Meskipun medsos bukanlah sumber utama untuk mencari berita, tapi kamu tetap menganggpnya sebagai sumber utama berita itu juga termasuk kecanduan medsos.

Medsos memang sering menayangkan banyak sekali sumber berita. Tapi kamu tidak bisa bergantung dengan berita tersebut tanpa melakukan pengecekkan ganda terlebih dahulu.

Lebih baik kamu membaca atau melihat berita dari sumber yang sudah terpercaya, seperti televisi, situs berita atau radio berita.

Kamu akan merasa gelisah saat tidak bisa mengakses media sosial

gelisah
photo by merdeka.com

Saat tidak bisa mengakses media sosial, apakah kamu pernah merasakan gelisah atau jantung berdegup lebih kencang?

Misalnya, setiap 30 menit kamu akan merasa ingin sekali mengambil ponsel dan melihat medsos. Hal itu membuktikan bahwa kebutuhanmu terhadap media sosial sangatlah kuat.

Kegelisahan atau rasa cemas itulah yang membuat kamu perlu mengatur waktu yang dihabiskan untuk melihat layar ponsel dan mengakses media sosial.

Itulah 5 tanda bahwa kamu sudah kecanduan media sosial. Sebaiknya cobalah untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *