Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

5 kunci sukses menjaga kepuasan pelanggan

Penulis : UmarFaruq

Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis, baik itu bisnis retail maupun bisnis jasa.

Jangan merasa mudah puas ketika Anda berhasil melakukan penjualan, tetapi cari tahu bagaimana cara Anda menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan sehingga membuat mereka kembali membeli produk Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan dan cara tersebut tidak hanya seputar strategi pemasaran saja.

Cara Menjaga Kepuasan Pelanggan

1. Lakukan follow up pelanggan setelah pembelian

Membuat pelanggan membeli produk Anda saja tidaklah cukup, Anda masih harus memastikan apakah mereka puas atau tidak dengan produk dan layanan Anda.

Hal tersebut bertujuan agar loyalitas dan kepuasan pelanggan tetap terjaga. Untuk itu Anda perlu melakukan follow up kepada pelanggan setelah melakukan pembelian.

Tunjukkan bahwa Anda sangat peduli dengan pelanggan dan tidak mengabaikan mereka. Sebagai contoh, Anda bisa mengirimkan email, WhatsApp atau sejenisnya untuk meminta mereka memberikan rating terhadap produk dan layanan Anda.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa mengirimkan ucapan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada Anda

2. Menggunakan sistem poin sederhana

Cara lain yang sudah populer dikalangan pelaku bisnis untuk menjaga kepuasan pelanggan adalah dengan mengadakan loyalty program.

Mereka akan menerapkan sistem poin sederhana pada program tersebut. Jadi, ketika ada pelanggan yang membeli produk Anda dalam nilai tertentu, mereka akan mendapatkan poin berlaku kelipatan.

Poin yang sudah terkumpul itu nantinya bisa mereka tukarkan dengan berbagai reward menarik seperti diskon atau freebies.

3. Beritahu dari awal kalau ada biaya tertentu

Bagi yang memiliki bisnis toko online, tentunya pernah menemui pelanggan yang tidak jadi melakukan transaksi padahal sudah men-submit barang kedalam cart. Kejadian seperti itu biasanya disebut sebagai cart abandonment.

Cart abandonment terjadi karena adanya biaya tambahan seperti pajak dan shipping fee yang membuat pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli barang karena harus membayar lebih mahal.

Jika hal seperti itu bisa Anda diatasi itu akan meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan memberi tahu pelanggan sejak awal mengenai biaya tambahan tersebut.

Salah satu perusahaan besar yang sudah menerapkan hal tersebut adalah Amazon, salah satu perusahaan ecommerce terbesar didunia.

Amazon memiliki Amazon Prime, sebuah layanan subscription berbayar yang tidak hanya memberikan konten streaming video dan musik saja, tapi juga akses delivery gratis.

Sejak awal, Amazon sudah memberi tahukan kepada pelanggan bahwa untuk menikmati semua itu, pelanggan harus membayar $10.99 per bulan. Dengan begini, pelanggan pun tidak akan merasa tertipu.

4. Kerja sama dengan perusahaan lain untuk memberi keuntungan lebih

Tips menjaga kepuasan pelanggan yang satu ini juga bisa disebut dengan strategic partnership. Strategic partnership sangat efektif untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Dengan bekerjasama dengan perusahaan lain, itu akan memberikan keuntungan lebih yang mungkin tidak bisa Anda berikan apabila bekerja sendiri. Tentunya Anda harus memilih perusahaan yang cocok dengan bisnis Anda.

Misalnya, Jika Anda menjual produk sampo wanita, maka Anda bisa bekerja sama dengan beberapa salon kecantikan di kota-kota tertentu untuk memberikan penawaran menarik bagi pelanggan.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan voucher potong rambut, creambath atau perawatan rambut lainnya disetiap pembelian produk sampo varian tertentu. Cara ini tidak hanya menyenangkan pelanggan saja, tetapi juga bisa memperluas network bisnis Anda

5. Mempermudah transaksi dan pembayaran

Menjaga kepuasan pelanggan juga bisa Anda lakukan dengan cara mempermudah transaksi dan pembayaran. Proses transaksi dan pembayaran yang mudah tentunya akan meningkatkan keamanan dan pengalaman positif pelanggan terhadap bisnis Anda. Selain itu, loyalitas mereka pun juga akan meningkat dengan sendirinya.

Pelanggan merupakan kunci terpenting dalam keberlangsungan bisnis Anda. Sudah seharusnya Anda menjaga kepuasan pelanggan agar mereka memiliki pengalaman menyenangkan dengan bisnis Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *