5 Aplikasi Video Pendek Paling Favorit dan Populer di Indonesia

Penulis : Triyono

Seiring berjalannya waktu, Internet dan aplikasi media sosial terus bermunculan dan ikut mendorong pertumbuhan para pengguna termasuk di Indonesia.

Dilansir dari We Are Social dan Hootsuite, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 170 juta per Januari 2021.

We Are Social dan Hootsuite juga menemukan bahwa 98,6% pengguna internet di Indonesia merupakan penikmat aplikasi video pendek. Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial berbasis video saat ini tengah naik daun.

Artinya, saat ini aplikasi media sosial berbasis video pendek tengah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling favorit bagi para pengguna internet.

Tidak hanya digunakan untuk menikmati konten hiburan, tetapi banyak juga yang memanfaatkannya sebagai sarana edukasi dan mencari penghasilan.

Nah, dari sekian banyaknya aplikasi video pendek, ada beberapa yang menjadi favorit pengguna internet di Indonesia. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

TikTok

aplikasi video pendek

Platform media sosial berbasis video pendek dari Bytedance kini sedang mendulang popularitas. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara global.

Menurut data terbaru, ada sekitar 10 juta pengguna aktif aplikasi TikTok di Indonesia dan 732 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

SnackVideo

aplikasi video pendek

Sama seperti TikTok, aplikasi SnackVideo juga tengah naik daun di Indonesia. Aplikasi video pendek besutan Kuaishao Technology ini memungkinkan penggunanya mengunggah video dengan durasi mulai dari 15 sampai 60 detik.

Para penggunanya juga dapat mengedit video mereka dengan beragam fitur tambahan seperti musik, audio dubbing, filter dan efek lainnya.

SanckVideo juga menyediakan fitur live streaming, sehingga para penggunanya dapat berinteraksi dengan para follower-nya secara langsung.

Likee

likee

Aplikasi yang muncul pada 2017 ini awalnya bernama LIKE yang kemudian berubah nama menjadi Likee pada juni 2019.

Aplikasi pembuat video pendek yang berada dibawah naungan BIGO Technology ini sama seperti aplikasi video pendek lainnya, yaitu memiliki fitur editing hingga fitur live streaming.

Tidak hanya di Indonesia, Likee juga hadir di negara lain, seperti Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok dan 200 negara lainnya.

Instagram Reels

instagram reels

Reels sendiri merupakan sebuah inovasi terbaru dari Instagram yang memungkinkan penggunanya mengunggah video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik.

Pada dasarnya, fitur ini sama seperti aplikasi media sosial berbasis video pendek lainnya. Sama-sama memiliki fitur edit, efek kamera, hingga fitur menambahkan musik.

YouTube Shorts

youtube shorts

Sejak awal, YouTube memang merupakan sebuah platform yang berfokus pada video. Kini aplikasi milik Google ini juga sudah menghadirkan sebuah fitur video pendek, yaitu Shorts.

YouTube Shorts memungkinkan si pengguna mengunggah video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik, lengkap dengan fitur pendukung lain, seperti audio, musik, filter dan tulisan.

Nah, itu tadi informasi mengenai aplikasi-aplikasi video pendek yang paling favorit dan populer di Indonesia. Aplikasi mana nih yang saaat ini sedang kamu pakai?

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *