Share This Post

Bicara tentang bagaimana cara beli domain? Pada era yang serba digital ini, website sangat berguna bagi berbagai hal dalam urusan bisnis, berita informasi sampai politik. Adapun faktor utama yang sangat penting yang telah membuat situs ini menjadi terkenal adalah domain.

Perlu Anda ketahui, bahwa pada saat ini banyak sekali para pelaku bisnis yang mengintegrasikan bisnis yang dimilikinya tersebut secara online, yang tidak lain menggunakan sebuah website. Dengan tujuan untuk menjangkau para pelanggan lebih luas lagi.

Rata-rata semua pelaku bisnis dalam membuat sebuah website, memerlukan nama domain supaya website tersebut mudah dicari oleh para pelanggannya. Domain sendiri merupakan sebuah nama alamat dari website Anda, yang bisa dicari pada mesin pencarian.

Supaya mudah dicari, sebuah nama domain harus dibuat dengan nama yang sederhana tidak terlalu panjang, unik dan menggunakan kata yang mudah diingat agar mudah ditemukan dimesin pencarian. Adapun nama domain pada umumnya mempunyai ekstensi seperti .org, .co.id, .com, .id, .sch.id dan lainnya. Namun, harus sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Oleh karena itu, Supaya tidak salah memilih dan memiliki sebuah domain, mari kita simak penjelasan dari dapanel.id ini, mengenai sebuah cara beli domain bagi para pemula. Berikut ulasannya!

Cara Beli Domain bagi para pemula

1. Periksa Ketersediaan Domain

Untuk mempunyai sebuah domain, yang pertama Anda harus lakukan adalah mencari sebuah ide nama domain, lalu mencari tahu apakah nama domain yang hendak Anda pergunakan tersebut masih tersedia atau tidak. Adapun untuk mencari tahu tersedia atau tidaknya tersebut Anda bisa memilih jasa penyedia domain. Pada fitur penyedia jasa domain tersebut Anda bisa memasukkan sebuah nama domain yang sesuai dengan nama domain apa yang hendak Anda pergunakan.

2. Mendaftarkan Nama Domain

Jika nama domain sudah sesuai dengan apa yang diinginkan Anda, langkah yang kedua dari cara beli domain selanjudnya adalah daftarkan nama domain tersebut supaya bisa digunakan. Buka domain registar lalu daftarkan nama domainnya dan memilih jangka waktu dalam menggunakan domain tersebut.

Adapun suatu durasi penggunaan, tentunya mempengaruhi besar kecilnya nominal pembayaran yang harus Anda lakukan pada saat pembelian domain ini. Jangka waktu yang ditentukan bisa dilakukan tahunan (Jangka Panjang). biaya pembelian sebuah domain juga dapat disesuaikan dengan kualitas dari nama domain tersebut. Semakin tinggi suatu permintaan nama domain, maka akan semakin tinggi juga biayanya tersebut.

3. Melakukan “Checkout” atau pembayaran domain

Selanjudnya langkah terakhir dari cara beli domain adalah dengan cara melakukan pembayaran kepada domain yang sudah didaftarkan. Pembayaran tersebut bisa disesuaikan dengan pilihan pembayaran yang diinginkan. Dan penyedia dari jasa domain tersebut juga sering kali memberikan sebuah kode promo, guna untuk mendapatkan potongan harga.

Untuk melakukan suatu pembelian dari domain tersebut, bisa dilakukan pada berbagai layanan penyedia domain atau bisa disebut dengan website builder, yang pastinya mempunyai sebuah promo-promo menarik, yang lebih murah dalam mendapatkan domain tersebut.